Walau Mengalami Penurunan, Bandara Syamsudin Noor Tak Kena Imbas Kenaikan Tarif

Jakarta, airmagz.com – Dari berbagai sumber yang dihimpun, beberapa bandara terpantau sepi. Uniknya, sepi atau penurunan jumlah penumpang tersebut bertepatan dengan maraknya keluhan warga terhadap mahalnya harga tiket pesawat rute domestik. Meskipun demikian, tak semua bandara yang terpantau sepi disebabkan mahalnya tiket pesawat tersebut. Seperti yang terjadi di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Jadi prinsipnya tidak terpengaruh dengan hal tersebut (mahalnya tiket pesawat. Ya kan? Karena pertama kondisinya memang low season setelah Natal dan tahun baru dan notabene natal dan tahun baru kita segitu-gitu aja, gada signifikan kenaikan dan lain-lain,” ujar Ruly Artha, Manager Operasional Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, melalui sambungan telepon kepada reporter Airmagz, Rabu (16/01/2019).

Dari statistik yang dihimpun manajemen Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dalam periode 1-15 Januari 2019, 139.739 penumpang atau turun 11 persen dari periode yang sama di tahun 2018. Hal itu kemudian diperkuat dengan data penerbangan terakhir dimana hanya tercatat sebanyak 8.439 penumpang atau turun 15 persen dari periode yang sama di tahun lalu.

Kondisi tersebut, ditegaskan, selain karena kondisi low season, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin memang tidak menikmati periode peak season. Hal tersebut dikarenakan kultur masyarakat Banjarmasin itu sendiri.

“Natal tahun baru itu mereka tidak ada yang pulang dan tidak ada yang datang. Kalau lebaran iya karena di sini kan kerjanya di tambang. Kalau di tambang itu tidak pengaruh natal tahun baru ya kalau lebaran iya,” pungkasnya. (AH)

Share :
You might also like