Bandara Haneda Kini Punya Fasilitas Bus Tanpa Sopir

Jakarta, airmagz.com – Untuk pertama kalinya, bus tanpa sopir akan diuji coba di Bandara Haneda, Tokyo. Rencananya teknologi ini akan bisa dinikmati wisatawan pada 2020 mendatang.

Soal inovasi, Jepang bisa dibilang juaranya. Yang terbaru, mereka akan meluncurkan bus tanpa sopir yang akan melayani wisatawan di Bandara Haneda, Tokyo. Bus ini akan melayani wisatawan yang ingin berpindah dari satu terminal ke terminal lainnya.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (17/1/2019), maskapai ANA (All Nippon Airways) sudah mulai menguji coba bus tanpa sopir ini di beberapa area terbatas di Bandara Haneda.

Jika uji coba ini sukses, bus tanpa sopir ini akan siap melayani penumpang tahun depan, bertepatan pula dengan pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

Cara kerja bus tanpa sopir ini yaitu dengan menggunakan bantuan sensor magnetik yang dipasang di bagian bawah bus. Nantinya bus ini akan mengikuti jalur bermagnet yang akan membantu bus untuk tetap berjalan sesuai dengan rutenya.

Meski tanpa pengemudi, bus ini tetap akan bisa dikontrol oleh operator lewat sistem kontrol yang disebut ‘Dispatcher’. Kontrol ini bersifat real time, sehingga begitu ada masalah para operator sudah siap untuk mengatasinya.

“Bus otomatis ini akan membantu mengurangi arus lalu lintas di bandara dan juga membantu meningkatkan kenyamanan bagi para penumpang,” ujar Shigeru Hattori, Senior Vice President ANA.

Selain di Bandara Haneda, bus tanpa sopir ini rencananya juga akan di uji coba di Bandara Narita, Bandara Sendai dan juga Bandara Nagoya. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like