Perpanjang Runway, Bandar Kertajati Siap Layani Penerbangan Jarak Jauh

Jakarta, airmagz.com – Runway Bandara Kertajati, Majalengka sepanjang 3.000 meter diproyeksikan sudah bisa difungsikan secara penuh pada April mendatang. Penerbangan jarak jauh yang selama ini terkendala panjang runway sejak diresmikan tahun lalu sepanjang 2.500 meter, dipastikan sudah tak lagi menjadi masalah.

“Untuk fisik kontruksi runway sebenarnya sudah mencapai 100 persen pada akhir Januari ini. Hanya saja, masih diperlukan infrastruktur lainnya sesuai standar keamanan penerbangan,” jelas Airport Operation and Performance Group Head PT BIJB Agus Sugeng Widodo kepada wartawan, Selasa (22/1).

Fisik perpanjangan runway yang dikerjakan  PT Angkasa Pura (AP) II itu masih harus dilengkapi alat bantu pendaratan seperti marka, Instrumen Landing System (ILS), dan Airfield Lighting System (ALS) untuk menunjang pergerakan naik turun pesawat.

Dengan panjang landas pacu 3.000 meter, Agus menyebut Kertajati sudah siap digunakan untuk menggelar penerbangan jarak jauh termasuk  penerbangan Haji 2019.

Layanan umrah pun bisa dioptimalkan mengingat belum ada penerbangan langsung ke Tanah Suci. Pelayanan saat ini dari Kertajati mengharuskan transit terlebih dahulu mengingat jenis pesawat yang digunakan adalah untuk penerbangan jarak menengah.

Pesawat-pesawat badan lebar yang siap mendarat di Kertajati, katanya, adalah Boeing 777 atau Airbus A380. Hal ini sejalan dengan klasifikasi PCN (pavement classification number) atau struktur kekuatan runway sebesar 89 sehingga memungkinkan pendaratan tersebut dilakukan.

“Jadi kita dari sisi bandara menyatakan kesiapannya jika pemerintah menginginkan penerbangan haji dari Kertajati, karena pesawat pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 sudah bisa mendarat langsung,” katanya.

Seiring dengan langkah tersebut, apron Kertajati pun diperluas guna dapat menampung parkir pesawat badan lebar lebih banyak. Sebelumnya, apron hanya bisa melayani 10 pesawat. Dengan penambahan kapasitas, total pesawat yang bisa ditampung total mencapai 22 pesawat. Empat di antaranya untuk parkiran pesawat badan lebar. (IMN/Suaramerdeka.com)

Share :
You might also like