Perkenalkan, Si Arong Maskot Anyar Pariwisata Banyuwangi

Jakarta, airmagz.com – Kabupaten Banyuwangi baru saja merilis Calendar of Event Banyuwangi bertajuk ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’ di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (29/1). Pada kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas memperkenalkan maskot anyar pariwisata Banyuwangi, Si Arong.

Azwar Anas mengungkapkan bahwa Si Arong akan menemani para wisatawan yang hadir di setiap event ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’. “Si Arong akan selalu hadir dan menyertai setiap event yang berlangsung sepanjang tahun 2019,” ujarnya di sela-sela sambutan.

Si Arong merupakan sebuah maskot dari ‘Majestic Banyuwangi Festival Tahun 2019’. Tujuan dihadirkannya maskot tersebut untuk menyemarakkan suasana acara di tiap event yang akan digulirkan sepanjang festival berlangsung.

Menpar Arief Yahya dan Bupati Azwar Anas berpose bersama Si Arong (Foto: Kemenpar)

Maskot yang didominasi warna merah tersebut untuk mempresentasikan kepada masyarakat luas atas sebuah brand festival di Banyuwangi. Si Arong terinspirasi dari nama barong itu sendiri dengan diimbuhi awalan “Si”. Hal itu agar mudah diingat dan menjadi sebuah karakter maskot yang belum pernah ada sebelumnya.

Si Arong terinspirasi dari kesenian Barong Sunar Udara Banyuwangi dan bentuknya mengilhami dari wujud serta bentuk yang ada di dalam Barong Sunar Udara tersebut. Sesuai dengan filosofi Barong di mata Suku Osing, diartikan sebagai “bareng” atau bersama-sama. Maksudnya, agar pemerintah dan masyarakat ikut membangun daerah secara berkolaborasi dan gotong royong untuk mencapai kesejahteraan. (IY)

Baca juga: Lauching dan Promosi Calendar of Event Banyuwangi, Majestic Banyuwangi Festival 2019

Share :
You might also like