Ditolak Mendarat di China, Pengamat Salahkan Air New Zealand

Jakarta, airmagz.com – Sebuah pesawat penumpang Air New Zealand yang terbang dari Auckland ke Shanghai, ditolak mendarat di China pada Minggu (10/2). Pengamat penerbangan independen, Irene King, menilai maskapai melakukan kesalahan terkait penolakan tersebut.

Ia mengatakan bahwa insiden penolakan maskapai Air New Zealand merupakan peristiwa yang tidak biasa. Irene King berpendapat bahwa penolakan itu terjadi karena maskapai menggunakan pesawat yang berbeda dengan ada di daftar otoritas penerbangan China.

“Jelas terdapat masalah administrasi serius sehingga itu terjadi. Ini sangat tidak biasa dan seharusnya tidak terjadi,” ujar Irene King seperti dikutip dari New Zealand Herald.

Menurut dugaan Irene King, maskapai mungkin telah mendaftarkan pesawat Boeing jenis 777. Tapi pada saat keberangkatan, mereka justru menggunakan pesawat jenis 787.

“Ini hanya dugaan saya, bahwa Air New Zealand mungkin menggunakan 787,” tutur Irene King.

Pesawat dengan kode penerbangan NZ289 itu membawa 270 orang penumpang. Pesawat tersebut lepas landas pada Sabtu (9/2) tengah malam dan kembali ke Auckland pada Minggu sekitar pukul 10.00 pagi.

Share :
You might also like