Target 21 Juta Penumpang, Terminal 1 Bandara Juanda Segera Diperluas

Jakarta, airmagz.com – Mengenai target di 2019, pihak Bandara Juanda Surabaya yakin bisa mencapainya. Yakni dengan menambahkan rute penerbangan dan meningkatkan pelayanan.

Pada 2019, selain berkomitmen menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan, Bandara Juanda juga diberikan target pencapaian pertumbuhan lalu lintas angkutan udara. Sesuai rencana jangka panjang perusahaan, pertumbuhan penumpang dipresdiksi sebesar 21. 976.400 penumpang. Sedangkan untuk target pertumbuhan pergerakan pesawat ada di angka 162. 905 pergerakan.

Menurut Heru, manajemen bandara Juanda yakin target 2019 dapat tercapai melalui penambahan fasilitas dan peningkatan pelayanan. “Penambahan jumlah rute penerbangan ke beberapa destinasi domestik maupun internasional pada Januari 2019 seperti di Samarinda dan Kuala Lumpur memberikan kami keyakinan dan optimisme dalam semua target,” kata Heru Prasetyo General Manager Bandara Juanda Surabaya usai acara HUT AP ke 55 di kantornya, Minggu (24/272019).

Lebih lanjut Heru menjelaskan, di tahun ini bandara Juanda akan mengembangkan Terminal I (T I). Pengembangannya akan dibagi menjadi 2 tahap.

Pada tahad I, terminal akan diperluas ke arah timur seluas 29.000 meter persegi. Sehingga total luasan menjadi 91.700 meter persegi dengan kapasitas penumpang 8.77 juta penumpang per tahun.

Sedangkan pengembang T I tahap ke II akan diperluas ke arah barat seluas 45.000 meTer persegi. Sehingga secara keseluruhan kapasitas terminal T I akan menjadi 15.17 juta penumpang per tahun.

“Pengembangan T I merupakan keniscayaan mengingat dengan 62.700 meter persegi luas keseluruhan terminal. Aktual jumlah penumpangnya mencapai 15.68 juta, sementara kapasitas ideal terminal untuk 6 juta penumpang per tahun,” imbuhnya.

Bandara Juanda Surabaya menutup kinerja operasional 2018 dengan catatan statistik pergerakan lalu lintas udara yang positif. Ada 20,9 juta penumpang yang dilayani PT Angkasa Pura I Juanda atau naik 4,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca JugaBandara Juanda Sepi Penumpang, Gara-Gara Bagasi Berbayar?

“Capaian kinerja operasional yang baik tahun 2018 ini tidak terlepas dari peningkatan pergerakan lalu lintas angkutan udara,” lanjut Heru.

Tidak hanya penumpang, pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan. Yakni sebesar 5,2 persen atau 156.519 pergerakan. Sedangka untuk pergerakan cargo meningkat 19,1 persen atau sebesar 116.324.100 kg.

Pada 2018 Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo telah menambah kapasitas sisi udara dengan penambahan fasilitas parkir pesawat yang dapat menampung 7 pesawat narrow body atau 3 pesawat wide body.

“Penambahan parkir pesawat ini selain untuk menunjang kegiatan operasional, juga sebagai bentuk dukungan kelancaran penerbangan,” pungkas Heru.

Hasil kinerja pada 2018 juga membuat Bandara Juanda meraih beberapa penghargaan. Seperti Indonesia Presidential Awards (ICS), TOP 100 Airport On Time Performence, ASQ Awards, Prima Utama Pelayanan Publik, Pajak Panutan PBB Sidoarjo dan juara I lomba CSR Sidoarjo. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like