Menhub: Infrastruktur dan Teknologi Dorong Kemajuan UMKM

Jakarta, airmagz.com –  Tujuan Kementerian Perhubungan dalam membangunan infrastruktur dan juga menerapkan teknologi informasi modern ialah untuk mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia agar lebih optimal.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara Seminar dan Dialog Nasional Kesiapan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan di Era Revolusi Industri 4.0 di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/3).

Budi menuturkan, melalui pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan dan bandara akan semakin memperlancar alur logistik. Ditambah dengan penerapan teknologi informasi di pelabuhan seperti, inaportnet, dapat menurunkan waktu tunggu barang di pelabuhan atau dwelling time. Dengan arus barang lebih efisien dan efektif serta kegiatan ekspor produk UMKM menjadi lebih mudah.

Ia juga mengatakan saat ini pemerintah sedang berinovasi dalam hal teknologi, dengan mendukung startup berbasis digital, dengan harapan memotivasi para pelaku UMKM untuk go digital. Menurutnya, pada revolusi industri 4.0 sangat membantu perkembangan ekonomi kerakyatan. 

“Adanya pembangunan infrastruktur yang pesat harus dapat dimanfaatkan oleh sektor UMKM, serta kemajuan teknologi. Sehingga, produk dan jasa kita dapat bersaing,” ujarnya.

Budi menerangkan, pentingnya UMKM karena sektor ini mampu menyerap 96 persen tenaga kerja, serta berkontribusi sebesar 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Di sisi lain, bonus demografi sebagai kekuatan Indonesia, karena itu dua elemen tersebut infrastruktur dan teknologi harus dioptimalkan pemanfaatannya.

“Bayangkan apabila seluruh milenial Indonesia paham akan teknologi digitalisasi, Indonesia pasti akan menjadi negara besar dan impian menggapai Indonesia Emas 2045 akan terwujud,” tutur Budi. (CNR)

Share :
You might also like