Lebaran 2019 Penumpang Pesawat Diprediksi Turun

Jakarta, airmagz.com – Momen Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan waktu tepat bagi masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Pada lebaran 2019 kali ini diprediksi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara mengalami penurunan.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Nur Isnin Istiartono. Menurutnya akan terjadi penurunan mencapai empat persen dari lebaran tahun sebelumnya.

“Tren sedikit turun. Tahun lalu itu ada tujuh persen, sementara tahun ini sekitar 3,17 persen. Kalau di breakdown lagi itu dalam negeri sekitar 2,38 persen,” ujarnya di Kantor Kemenhub.

Terdapat beberapa faktor yang membuat para pemudik enggan untuk menggunakan pesawat. Di antaranya adalah mahalnya harga tiket dan kehadiran tol trans jawa.

Sekretaris Badan Litbang Kemenhub, Rosita Sinaga menuturkan telah terjadi penurunan sebesar 14,41 persen sejak November 2018. Pada saat bersamaan, terjadi peningkatan pada penggunaan jalan tol trans jawa mencapai 80 persen.

“Yang paling terlihat adalah tol trans jawa dari sebelum dan sesudah dioperasikan. Jadi orang tampaknya ingin mencoba betapa enaknya dari Jakarta ke Surabaya,” tutur Rosita.

Share :
You might also like