Lima Destinasi Wisata Edukatif Favorit di Yogyakarta

Jakarta, airmagz.com – Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki destinasi wisata yang memadukan antara konsep pendidikan dan wisata. Kota berjuluk Kota Pelajar dan Kota Wisata sangat digandrungi oleh wisatawan lokal maupun luar untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang berada di kota itu. Dua konsep wisata ini merupakan program dari Pemerintah Provinsi DIY yang sudah dilaksanakan sejak dahulu. Berikut adalah pilihan destinasi berbasis pendidikan yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta.

1. The Lost World Castle & The World Landmarks Merapi Park

Kedua destinasi wisata ini meskipun memunyai konsep yang sama yakni bagunan dari mancanegara. Bedanya, The Lost World Castle lebih mengusung bangunan di masa lampau seperti kastil eropa zaman dahulu, Stonehenge bangunan zaman Neolitikum yang terletak di Wiltshire, Inggris, dan replika tenda suku Indian Amerika. Selain itu, masih ada spot dan fasilitas menarik lainnya di tempat wisata yang berada di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 06.00/07.00 – 18.00 dengan harga tiket Rp 25.000 per orang.

Sedangkan, destinasi wisata The World Landmarks Merapi Park lebih menampilkan bangunan keajaiban dunia atau bangunan terkenal di dunia, disana juga ada pembelajaran melukis dan outbound. Sekadar, untuk bersantai ria pun asik sembari menyeruput kopi hangat di cuaca sejuk khas pegunungan dengan pemandangan langsung mengarah ke Gunung Merapi.

The World Landmarks Merapi Park berada di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY jam buka 09.00 – 16.30 dengan harga tiket Rp 15.000. Dua destinasi itu mengenalkan anak kepada pengetahuan dari luar Indonesia.

2. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali (Monjali) mengunjungi museum yang satu ini, tentu tidak akan membuat anak-anak bosan. Monjali selain museum sejarah kemerdekaan yang di dalamnya menampilkan diorama pertempuran dan momen perjuangan kala itu, dalam museum tesebut juga terdapat peralatan perang seperti senjata, seragam militer, replika pesawat tempur dan lainnya. Yang tidak akan membuat bosan sang anak selain pendidikan sejarah, anak juga dapat bermain di halaman depan Monjali terdapat Taman Pelangi yaitu tempat permainan khusus anak-anak dan juga tempat makan untuk keluarga. Jadi, setelah mendapat pelajaran dari kunjungan museum, anak-anak dapat langsung bermain dan orangtua dapat beristirahat sambil menyantap makanan. Monjali dibuka mulai Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, tiket masuk Rp 10.000.

3. Taman Pintar

Taman Pintar adalah tempat bermain dan belajar yang atraktif, berkunjung ke tempat itu si kecil akan menikmati setiap pelajaran yang diterima dengan suka ria. Tempat wisata yang berada di tengah Kota Jogja ini memiliki beragam permanainan sains dan teknologi. Selain permainan sains, di sana juga ada museum IPA seperti Gedung Oval si anak bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah terbentuknya alam semesta. Lalu ada akuarium yang membuat kita serasa berada di dunia bawah laut. Ditambah, Taman Pintar memunyai laboratorium zaman purbakala, serta bioskop 4 dimensi, dan perpustakaan. Taman Pintar buka pada Selasa sampai Minggu, jam 08-30 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000 untuk anak-anak dan dewasa Rp 18.000.

4. Museum De Mata & De Arca

Dua museum kekinian berada di dalam satu komplek di XT Square, Umbulharjo, Jogja. Museum dengan koleksi gambar 3 dimensi yang akan menipu mata, Wisatawan yang berkunjung ke museum ini bisa melihat 120 gambar dan lukisan tipuan mata, yang sebagian besar tampak seakan-akan hendak keluar dari bingkai mereka. Hal ini bisa melatih daya ilusi dan konsentrasi bagi setiap pengunjung. Disamping gedung museum De Mata ada museum De Arca, yang memamerkan replika patung dari tokoh terkenal dunia dan tokoh film animasi seperti Bung Karno, Gus Dur, Barrack Obama, Jet Lee, Hulk, Cat Woman dan banyak lainnya. Sehingga, wisatawan yang berkunjung ke sini bisa mengetahui bentuk wajah dan tubuh yang hampir menyerupai para tokoh tersebut. De Mata dan De Arca buka setiap Senin – Jumat jam 10.00 – 15.00 harga tiket dari Rp25.000, Senin – Jumat, jam 15.00 – 22.00 tiket sebesar Rp30.000 dan week end, juga hari libur buka jam 10.00 – 22.00 dengan harga tiket Rp40.000.

5. Desa Wisata Brayut

Kegiatan outdoor selalu memiliki daya tarik tersendiri dan beraktivitas di alam terbuka pasti menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Di sini, anda dan si kecil bisa meraskan sensasi layaknya petani sungguhan mulai dari proses bercocok tanam hingga memanen padi dan sayur. Keseruannya tidak sampai disitu, beragam kegiatan seni dan budaya juga menjadi ajang pembelajaran di sana seperti bermain gamelan dan seni jathilan/kuda lumping. Desa Brayut berada di wilayah Kabupaten Sleman, yang aktif mulai Senin sampai Jumat pada jam 08.00 – 21.00.

Sungguh asik rasanya membawa anak-anak ke tempat wisata edukatif, anak-anak akan mendapat pengalaman tersendiri dan pembelajaran yang menyenangkan setelah berkunjung ke destinasi wisata edukatif yang ada di Yogyakarta. (CNR)

Share :
You might also like