Menanti Kawasan Ekonomi Khusus KEK Tanjung Pulisan – Likupang

Jakarta, airmagz.com – Resmi Kick Off Meeting Rakor Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan – Likupang yang berlangsung di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Pada acara ini dibahas beberapa hal terkait Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan – Likupang.

Foto : Kemenpar

Salah satu hal yang dibahas saat Kick Off Meeting Rakor Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan – Likupang yang di rencanakan akan selesai pada bulan Maret 2019 ini adalah mengenai Tantangan Dalam Membuat Kawasan Ekonomi Kek yaitu mengenai Perijinan dan Birokrasi yang menghambat. Kemudian ada strategi khusus yang diterapkan yaitu mengimpelementasi Rumus 3A (Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas), untuk atraksi sendiri KEK ini harus mempunya standar Global contohnya yaitu danau toba yang di sertifikasi oleh UNESCO dan mendapatkan setifikasi UGG. Salah satu atraksi yang dijual disini adalah Bunaken yang sudah menjadi taman nasional.

Sedangkan Aksesibitas Kawasan disekitar KEK harus didukung oleh Bandara Internasional yang mempunyai standar yang layak karena hampir 70 persen orang ke Indonesia menggunakan transportasi udara. selain Bandara, KEK ini harus didukung juga oleh marina kelas internasional kemudian memiliki Rule of time harus kurang dari 2 jam dan jalan sudah di perlebar 14 meter. Diharapkan KEK Likupang ini akan menjadi HUB Yacht Intenasional.

Foto : Kemenpar

Terakhir yaitu Amenitas, membangun Amenitas sekelas luxury resort itu membutuhkan anggaran yang besar dan waktu lama, sehingga dibutuhkan solusi sementara untuk solusi selamanya yaitu membangun nomadic tourism yang implementasinya sangat cepat. Begitu hal ini disetujui oleh menko perkonomian maka dibuatlah glam camp/homepod karena Nomadic ini merupakan paling mudah dan murah sehingga membuat self confidence semakin meningkat.

Pariwsata akan menjadi penghasil devisa terbesar. Proyeksi devisa 16 miliar dollar dan tahun 2019 ini akan di proyeksikan menghasilkan sebesar 17,6 miliar Dollar. (IMN/Kemenpar)

Share :
You might also like