Selamat, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Naik Peringkat Dunia

Jakarta, airmagz.com – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) kembali diakui sebagai salah satu bandara terbaik di dunia oleh Skytrax. Sebelumnya, enam bandara (Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkal Pinang, Sultan Mahmud Baddaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Silangit Siborong-Borong, dan Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang) di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II juga didaulat sebagai bandara terbaik versi Airport Council International pada 2019.

Peningkatan pelayanan di Bandara Soetta ini diakui oleh Skytrax, di mana dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia yang tercantum dalam Skytrax World Airport Awards 2019. Bandara Soetta berhasil naik ke peringkat 40 atau menjadi Top 40 World’s Best Airport in The World. Hal ini dapat terealisasi karena AP II selalu menunjukkan peningkatan pelayanan kepada traveler atau penumpang pesawat.

Posisi tersebut lebih baik dibandingkan dengan tahun 2018 yang berada di peringkat 45, lalu tahun 2017 di peringkat 44, dan tahun 2016 di peringkat 63. Selain naik peringkat, penghargaan lain diraih Bandara Soetta adalah Top 10 Best Airport Staff in Asia 2019.

Peringkat yang diraih Bandara Soetta juga lebih baik dibandingkan dengan bandara dunia lainnya seperti Bangkok Suvarnabhumi (46), Toronto Pearson (50), Kuala Lumpur Malaysia (54), Los Angeles (71), Boston Logan (80), Prague (97) dll. Skytrax World Airport Awards 2019 sendiri merupakan survei yang menilai kepuasan traveler terhadap pelayanan dan fasilitas di 550 bandara di seluruh dunia.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan ini merupakan apresiasi dari para traveler seiring dengan hasil Skytrax World Airport Awards 2019 ini merupakan bentuk dari kerja keras dan komitmen dari seluruh stakeholder Bandara Soetta.

“Seluruh elemen membantu meningkatkan pelayanan di Bandara Soetta, mulai dari internal AP II hingga maskapai, bea dan cukai, imigrasi, karantina, kepolisian, ground handling, airnav, TNI, POLRI, dan stakeholder lainnya. Kami ucapkan terima kasih atas peran mereka sehingga pelayanan di bandara meningkat. Ke depannya kami menargetkan peringkat Bandara Soetta di dalam daftar 30 besar bandara terbaik di dunia dapat terus meningkat sehingga dapat selalu menjadi etalase yang membanggakan bagi Indonesia,” jelas Muhammad Awaluddin.

Berbagai fasilitas baru saat ini juga telah tersedia di Bandara Soetta guna meningkatkan pelayanan bagi para traveler. Fasilitas tersebut antara lain Kalayang atau Skytrain yang memudahkan perpindahan penumpang antar terminal, kereta bandara, wifi berkecepatan tinggi, baggage handling sistem terkini yang menjamin ketepatan waktu pengantaran bagasi, beragamnya tenant, adanya pelayanan cepat oleh staf bandara menyusul diluncurkannya Digital Officer with Digital Device (DODD).

Disamping itu, traveler juga dapat dengan mudah mencari tahu beragam informasi terkait Bandara Soetta melalui aplikasi “INairPort”. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mobile check-in, melihat jadwal penerbangan, melihat jadwal transportasi publik, mengetahui tenant komersil di bandara, melaporkan kehilangan barang atau tas Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Kami optimistis pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan semakin membaik seiring dengan tuntasnya proyek runway ketiga dan east cross taxiway dalam waktu dekat. Kedua infrastruktur itu akan membuat jumlah penerbangan semakin banyak dan lancar,” ujar Muhammad Awaluddin.

Share :
You might also like