Airbus dan GMF AeroAsia Sepakati Perjanjian Perawatan Komponen Pesawat

Jakarta, airmagz.com – Airbus telah menunjuk Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia sebagai penyedia layanan perbaikan komponen pesawat. Hal itu ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama yang berlangsung di Hanggar GMF AeroAsia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Selasa (2/4).

Melalui kesepakatan ini, GMF AeroAsia sebagai anak perusahaan Garuda yang menangani layanan perawatan, perbaikan, dan overhaul (MRO) pesawat dapat membantu maskapai operator A320 dan A330 di Indonesia dan Asia Tenggara. Keuntungan lainnya adalah dapat memangkas biaya dan waktu yang diperlukan untuk perbaikan pesawat.

“Perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Airbus Flight Hours Services (FHS) untuk memberikan komponen secara tepat waktu, di mana pun mereka dibutuhkan. Hal ini juga memperkuat kesuksesan kemitraan jangka panjang antara Airbus, Garuda Indonesia, dan GMF AeroAsia, serta menunjukkan kami terhadap perkembangan sektor aviasi Indonesia,” ujar Bruno Bousquet, Airbus Head of Customer Services Asia Pacific.

Di dalam perjanjian tersebut, Airbus menyerahkan sejumlah komponen di antaranya landing gear control interface unit, static inverter, dan slat flap control computer. Selain itu, akan ada tambahan Part Number lainnya yang diserahkan oleh Airbus.

“Kepercayaan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengukuhkan kiprah kami di dunia, khususnya pada bidang perawatan komponen. Selain itu, dengan kerja sama ini GMF dapat meningkatkan kapabilitas dan memberikan pelayanan kepada lebih banyak maskapai di regional Asia,” tutur Tazar Marta Kurniawan selaku Direktur Bisnis dan Base Operation GMF.

Airbus dan Garuda Indonesia telah bermitra sejak 1979 ketika maskapai pelat merah itu memesan Airbus A300B4s. Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan 24 pesawat berbadan lebar Airbus A330, sementara Citilink mengoperasikan 51 unit A320.

Pada 2013 GMF resmi ditunjuk sebagai pusat pelatihan perawatan pesawat keluaran Airbus. GMF dipercaya sebagai Approve Training di area regional Asia Tenggara dan sekitarnya untuk pesawat tipe Airbus A320 CEO dan A320 Neo.

Share :
You might also like