Mesin Mengeluarkan Asap, Cathay Dragon Mendarat Darurat

Jakarta, airmagz.com – Sebuah pesawat Cathay Dragon yang sedang menuju Hong Kong terpaksa melakukan pendaratan darurat di Kaohsiung, Taiwan, setelah salah satu mesinnya mengeluarkan asap. Media Taiwan menyebut insiden itu terjadi setelah pesawat menabrak sekawanan burung, namun laporan itu dibantah otoritas terkait.

Bandara Internasional Kaohsiung mengonfirmasi bahwa menara kontrol lalu lintas udara melaporkan Cathay Dragon Flight 451, lepas landas dari Kaohsiung dan menuju Hong Kong. Namun, pesawat kembali dan mendarat darurat dengan aman pukul 08.31 pagi ini (8/4/2019).

Pilot melaporkan asap mengepul dari salah satu mesin pesawat, sehingga penerbangan putar balik ke Kaohsiung sambil membuang bahan bakar di Selat Taiwan dan menunggu izin pendaratan.

Ketika pesawat mendarat, para petugas pemadam kebakaran bandara dan kota setempat bersiap-siap untuk memadamkan api. Namun, sejauh ini belum ada laporan kebakaran atau pun korban cedera.

Cathay Pacific, perusahaan induk dari maskapai Cathay Dragon mengatakan pesawat mengalami “masalah teknis” tak lama setelah tinggal landas.

Seorang pejabat dari Administrasi Penerbangan Sipil (CAA) Taiwan mengatakan kepada AFP bahwa keadaan darurat disebabkan oleh kegagalan teknis pada salah satu mesin. CAA membantah laporan media Taiwan bahwa pesawat itu menabrak sekawanan burung.

Pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya karena tidak berwenang berbicara dengan media, menambahkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan.

Surat kabar Apple Daily mengutip pejabat penerbangan setempat mengatakan bahwa mesin kanan pesawat mengeluarkan asap saat lepas landas. Penduduk setempat di dekat lokasi kejadian mengaku mendengar suara ledakan.

Cathay mengatakan pesawat itu adalah Airbus A330. Para penumpang pesawat itu sedang diatur untuk mendapatkan penerbangan baru. (IMN/Sindonews.com)

Share :
You might also like