LAPAN Gelar 2nd Asia-Oceania GEO Workshop

Jakarta, airmagz.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar 2nd Asia-Oceania Group on Earth Observations (AOGEO) di kantor Pusat Pemanfaatan Pengindraan Jauh (PUSFATJA), Jakarta. Agenda tersebut akan berlangsung selama dua hari pada 10-11 April 2019.

Asia-Oceania GEO (AOGEO) adalah kegiatan regional dari Group on Earth Observations (GEO) yang dipimpin oleh perkumpulan negara Asia-Oseania seperti Australia, China, Jepang, dan Korea. AOGEO bertujuan untuk membangun rangka kerjasama yang efektif pada level regional dan memperkenalkan kapasitas pengamatan bumi dari negara-negara Asia-Oceania untuk menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan.

Komitmen ini juga guna mendukung pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

AOGEO memiliki dua kegiatan utama yang rutin dilaksanakan setiap tahun yaitu Large Symposium/Annual Meeting dan Focus Workshop. Sebagai organisasi yang masih baru, kegiatan AOGEO sudah berkembang dengan baik seperti beberapa project telah dilaksanakan dalam rangka kerja sama AOGEO antara lain Mekong River Project yang dikerjakan ICHARM (International Centre for Water Hazard and Risk Management).

Peserta workshop berfoto bersama di Kantor PUSFATJA. (Foto: dokumentasi LAPAN)

Selain itu, inisiatif-inisaitif kerja sama lainnya akan dilakuakn seperti dalam project Server Global, APRSAF/SAFE, dan Datacube. Sebagai organisasi baru, promosi dan ajakan kerja sama dengan negara yang potensial seperti Indonesia terus dilakukan.

PUSFATJA LAPAN menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini yang bertujuan untuk; Pengembangan kapasitas tentang konsep pengukuran bio-optical di wilayah pesisir dan laut dan konsep Pemanfaatan Data Cube untuk wilayah tersebut, Mempelajari dan berperan aktif dalam kegiatan AOGEO di Indonesia, Menjajaki peluang kerja sama internasional, dan bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia sekaligus mengundang Indonesia bergabung dalam AOGEO serta berpartisipasi ikut membangun data hub melengkapi jaringan negara yang sudah tergabung dalam Group on Earth Observations (GEO).

Sebagai wujud nyata LAPAN terus mengembangkan kapasitasnya setara dengan negara lain yang terlebih dahulu tergabung. Selanjutnya meningkatkan kualitas layanan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung Revolusi Industri 4.0.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Orbita Roswintiarti, menyampaikan bahwa workshop ini dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas terkait dengan teknologi pemantauan pesisir, lingkungan, dan seputar sungai serta jalur yang dilaluinya. “Hal ini termasuk lingkungan, panjang, dan total luasan daripada lingkungan tersebut,” ujarnya.

Share :
You might also like