Terminal Bandara Tjilik Riwut Mulai Beroperasi, Rute Lama Bangkit Kembali

Jakarta, airmagz.com – Pengoperasian terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (08/04/2019) lalu.

Pelaksana Tugas Executive General Manager Bandara Tjilik Riwut, Paryono mengatakan, pihaknya akan membuka kembali beberapa rute penerbangan yang sebelumnya sudah ditutup.

Dia menyerap aspirasi masyarakat yang menginginkan penambahan jumlah rute penerbangan dari dan menuju Kalimantan Tengah. Dia berharap, nantinya rute penerbangan ini dapat menunjang sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat.

“Beberapa rute yang sebelumnya ditutup akan dibuka kembali seperti penerbangan dari Solo – Palangkaraya, Jakarta – Palangkaraya dengan menggunakan maskapai Batik Air dan Citilink,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (10/04/2019).

Selain merencanakan membuka rute yang sebelumnya ditutup, lanjut Paryono, ada kemungkinan pembukaan rute baru mengingat adanya sejumlah maskapai yang terbang dari Bandara Tjilik Riwut.

Maskapai tersebut adalah  Citilink dengan rute Makassar – Palangkaraya PP. Saat ini, rute Makassar – Palangkaraya diterbangi maskapai Wings Air dengan pesawat berjenis ATR 72-600.

Seperti diketahui terminal baru memiliki luas 29.124 meter persegi dan dapat menampung hingga 2.200 orang per hari. Sebelumnya, terminal lama hanya memiliki luas 3.865 meter persegi dengan kapasitas 600 orang per hari. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like