Yogyakarta International Airport Jadi Nama Baru Bandara Kulonprogo

Jakarta, airmagz.com – Nama Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) disiapkan menjadi nama bandara udara di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I saat ini menunggu nama ini disahkan oleh Kementerian Perhubungan ( Kemenhub). Sebelumnya, Pemerintah Daerah DIY yakin untuk menamai bandar udara ini sebagai New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandar Udara Internasional New Yogyakarta.

“Kami sebenarnya sudah menyiapkan nama NYIA. Tetapi karena ada keinginan dalam Bahasa Indonesia maka berubah menjadi Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau YIA,” kata Agus Pandu Purnama, General Manager AP I untuk Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Kamis (11/4/2019) malam.

Perubahan nama menjadi YIA memang ada latar belakangnya. Menurut Pandu, nama itu merupakan usulan dari kepala daerah mulai dari Bupati dan DPR Kulon Progo, DPRD DIY, yang diteruskan ke Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Usulan pergantian nama itu kemudian disampaikan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Awal Januari 2019 lalu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X sempat mengutarakan harapan bandara baru ini disebut NYIA.

Selain sudah familiar, nama ini tidak memunculkan adanya pro-kontra di tengah masyarakat. Belakangan, Pemda DIY menerima saran dan pertimbangan dari beberapa ahli bahasa. Pemerintah pun mengusulkan nama baru.

“Saya mendapat kabar lewat telepon dari Sekda DIY bahwa (Pemda) masih menunggu surat resmi dari Kementerian Perhubungan,” kata Pandu. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like