Jawab Tantangan Masa Depan, Yayasan Pena Intelektual Indonesia Bangun SMK Dirgantara Riau

Jakarta, airmagz.com – Globalisasi menuntut setiap negara untuk melakukan inovasi di bidang teknologi-informasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Tak terkecuali Indonesia, sebagai bangsa besar di kawasan Asia Tenggara juga harus siap dengan perubahan yang begitu cepat.

Dalam rangka mempersiapkan SDM berkualitas dan bersertifikat, kini telah hadir Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dirgantara Riau di Pekanbaru. Hadirnya SMK Dirgantara sekaligus menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pena Intelektual Indonesia (YASPII), Amiruddin Tumanggor, SE. menyampaikan kabar gembira tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Pekanbaru. Ia mengatakan bahwa SMK Dirgantara berusaha untuk menciptakan SDM yang unggul dan kompeten.

“Kabar gembira, (kini) kami ada di Pekanbaru. SMK Dirgantara Riau untuk menjawab tantangan di masa mendatang. MEA sudah digulirkan, sehingga mau tidak mau, siap tidak siap, kita harus menyiapkan anak-anak kita untuk mampu bersaing di masa mendatang,” ujar Amiruddin Tumanggor.

Ia juga menjabarkan bahwa SMK Dirgantara memiliki beberapa jurusan unggulan yang sudah disesuai dengan kebutuhan di sektor industri. Di antaranya seperti sektor penerbangan seperti Airframe Power Plant, Tataniaga Penerbangan, Perhotelan dan Pariwisata.

Acara Grand Opening SMK Dirgantara Riau (Foto: Airmagz)

“SMK Dirgantara Riau hadir dengan jurusan penerbangan dan pariwisata. Tentunya mempersiapkan SDM di bidang penerbangan yang siap untuk bersaing dengan adanya kompeten. Karakteristik pekerjaan di masa mendatang adalah bagaimana anak-anak kita mempunyai keahlian yang spesifik, tentunya dibuktikan dengan adanya sertifikasi atau lisensi. SMK Dirgantara Riau hadir untuk menjawabnya. SMK Dirgantara Riau menciptakan generasi milenial yang kompeten,” jelasnya.

SMK Dirgantara tidak hanya mentransfer ilmu kepada para siswa, tapi juga membekalinya dengan keterampilan yang akan sangat berguna ketika terjun di dunia kerja. Tidak hanya itu, para siswa yang telah lulus juga akan mendapatkan sertifikat atau lisensi sebagai bukti bahwa mereka memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang tertentu.

SMK Dirgantara beralamat di Jl. HR. Soebrantas Kav.6 No.33 Tuah Madani, Tampan-Pekanbaru Riau. Adapun bagi para siswa yang ingin mencari tahu lebih jauh mengenai SMK Dirgantara dapat mengakses di laman www.smkdirgantara.sch.id.

Sebagai tambahan, YASPII juga memiliki lembaga pendidikan vokasi yakni Smart Fast Global Education yang berpusat di Pekanbaru. Kini Smart Fast Global Education telah memiliki cabang di Jambi dan Kulonprogo, Yogyakarta. Pada 2018 juga telah hadir Smart Fast Global Enterprise di Kuala Lumpur, Malaysia, sebagai langkah untuk go internasional dan menjalin kerja sama dengan dua perguruan tinggi di Negeri Jiran, yakni Kuala Lumpur Metropolitan University Collage dan Aviation Management Collage.

Share :