Desa Wisata Anggrunggondok Tawarkan Sejuta Pesona

Jakarta, airmagz.com – Hari pertama mendarat di Bumi Wonosobo, Airmagz beserta tim Dinas Pariwisata Wonosobo bergegas menuju desa wisata Anggrunggondok di Desa Reco, Kecamatan Kertek. Kami berangkat selepas menyantap opor Enthok yang lezat di warung Bu Siti di Kalikajar.

Tampak dari kejauhan seperti desa-desa di Jawa Tengah pada umumnya. Sesampainya di sana kita terbius oleh panorama Gunung Sindoro dan Sumbing yang indah, serta keramahtamahan masyarakat setempat. Siapa sangka, Dusun Anggrunggondok mempunyai beberapa paket wisata yang dapat memuaskan para wisatawan. Destinasi wisata apa saja yang ditawarkan di dusun Anggrunggondok ini?

Desa yang berpenduduk lebih dari 5.000 jiwa itu, masyarakatnya berinisiatif menjadikan tempat tinggalnya menjadi destinasi wisata yang tak hanya menawarkan keindahan alam desa saja, tapi juga menyajikan wisata reliji. Di sana terdapat Goa Maria tempat mediasi untuk umat Katholik.

Kemudian wisata budaya dan kesenian tradisional seperti tari, wisata kuliner kopi anggrung, dan nasi jagung, serta yang paling banyak diminati ialah wisata petualangan mendaki gunung yang dipandu oleh tim Pajero Sindoro.

Hasil dari inisiatif inilah juga didukung oleh Pemerintah Daerah Wonosobo, khususnya Dinas Pariwasata dan Budaya yang turut membantu promosi desa tersebut sejak 2017 lalu. Di antaranya dengan mengadakan festival desa wisata. Diketahui, di Wonosobo memiliki lebih dari 20 desa wisata salah satunya Dusun Anggrunggondok.

Tri seorang sesepuh dusun yang juga pengelola desa wisata Anggrunggondok menerangkan, hampir setiap tahunnya jumlah kunjungan wisatawan ke desanya selalu meningkat. Pada tahun lalu saja mencapai 9.000 pengunjug. Selain dari mulut ke mulut promosinya, juga melalui media sosial.

“Kami punya target di tahun ini untuk lebih banyak menarik pengunjung, dibanding tahun sebelumnya,” ucap Tri kepada Airmagz.

Untuk harga paket wisata yang ditawarkan pun bervariatif mulai dari Rp650.000 hingga Rp2.000.000. Tak perlu khawatir untuk menuju sana, akses jalannya pun sangat mudah tepat berada di pinggir jalan raya Wonosobo-Temanggung. Aksesnya dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Jika berminat mengambil paket wisata dapat menghubungi ke 085 868 592 553 (WA) atau 085 328 393 888. (CNR)

Foto: Airmagz
Share :
You might also like