Rusdi Kirana: Boeing Memandang Saya Sebagai Piggy Bank

Jakarta, airmagz.com – Pendiri Lion Air Rusdi Kirana melontarkan pernyataan keras kepada Boeing yang dinilai lamban menangani masalah kecelakaan pesawat 737 Max 8. Tidak hanya itu, ia menilai bahwa pabrikan asal Amerika Serikat itu memandang dirinya sebagai ‘Piggy Bank’ belaka.

Hal itu ia utarakan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita yang bermarkas di London, Reuters. Rusdi tidak senang dengan perlakuan Boeing dan menilai hanya dipandang sebelah mata.

“Mereka memandang rendah maskapai saya dan negara saya. Mereka memperlakukan kami sebagai negara dunia ketiga. Mereka memandang saya sebagai celengan mereka,” kata Rusdi kepada Reuters.

Apa yang diutarakan oleh Rusdi bukan tanpa sebab. Menurutnya, Boeing terkesan menyalahkan Lion Air pasca kecelakaan yang terjadi pada Oktober 2018. Tapi, sikap Boeing berubah ketika terjadi kecelakaan Ethiopian Airlines pada bulan lalu.

“Mereka menyalahkan pertama kali dan meminta maaf saat kejadian (kecelakaan) kedua,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Boeing, Dennis Muilenburg menyampaikan duka cita atas kecelakaan yang terjadi pada Lion Air dan Ethiopian Airlines.

“Kami tetap patah hati atas kecelakaan Lion Air. Kami mohon maaf atas nyawa yang hilang dan menyesalkan dampak yang menghancurkan keluarga, teman, dan kolega penumpang serta kru. Rusdi Kirana telah menjadi pemimpin dan pelopor penerbangan Asia,” ujarnya.

Share :
You might also like