LAPAN Adakan Penyusunan Cetak Biru Industri Dirgantara Nasional

Jakarta, airmagz.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan Pre Summit 2019. Acara ini kerja sama LAPAN dengan berbagai asosiasi profesi penerbangan di Indonesia seperti IAEC (Indonesia Aeronautical Engineering Center), IAMSA (Abbreviation of Indonesian Aircraft Maintenance Services Association), INACOM (Indonesia Aircraft Component Manufacturer Association).

Acara yang mengangkat tema “Penyusunan Cetak Biru Industri Dirgantara Nasional” itu bertujuan untuk mempererat sinergisitas dan mitra kerja sama dalam mempercepat transformasi kluster dalam industri dirgantara. Hal ini untuk mewujudkan ekosistem industri 4.0 yang didukung oleh riset dan pengembangan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa.

Pre Summit 2019 ini menghadirkan Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin, M.Sc, Deputi Bidang Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, perwakilan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Narasumber yang hadir antara lain dari Kemenko Perekonomian, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, PT. Dirgantara Indonesia, dan INACOM. Tidak hanya itu, acara ini juga menghadirkan para pemangku industri penerbangan seperti PT. Dirgantara Indonesia, PT. Regio Aviasi Industri, dan GMF Aero Asia.

Dalam acara ini dibentuk forum komunikasi dirgantara yang merupakan forum nasional para pemangku kepentingan untuk mengumpulkan dan mendiskusikan semua isu yang berkaitan dengan permasalahan kedirgantaraan.

Selanjutnya juga dibentuk satuan tugas (Satgas) yang bertanggung jawab membuat cetak biru industri penerbangan dan antariksa. Serta dilakukan penyusunan cetak biru industri kedirgantaraan yang akan disesuaikan dengan rencana induk keantariksaan nasional yang sudah ada sebelumnya.

LAPAN akan terus berkomitmen dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam penguasaannya di bidang IPTEK kedirgantaraan, LAPAN mendorong kemandirian di bidang penguasaan teknologi penerbangan dan antariksa sehingga akan terjalinnya dunia riset dan dunia industri sehingga akan terwujudnya revolusi industri 4.0. (JML)

Share :
You might also like