Citilink Maskapai Pertama Yang Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta

Jakarta, airmagz.com – Citilink mendeklarasikan diri sebagai maskapai pertama yang akan beroperasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka akan mengalihkan satu rute penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke YIA.

VP Network Management PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Teten Wardaya mengatakan, pihaknya akan mendaratkan pesawat penumpang Citilink di YIA pada 6 Mei 2019 sekitar pukul 11.30 WIB.

“Citilink sudah berkoordinasi dengan AP I melakukan penerbangan ini,” kata Teten, Senin (29/4/2019).

Teten mengatakan, Citilink selalu menjadi pelopor bagi bandara yang baru dibuka. Citilink melakukan penerbangan perdana dua kali di Kertajati dan Samarinda, rencananya kali ketiga di YIA ini. Ia memastikan, sebagai perusahaan negara, langkah ini merupakan dukungan kepada AP I.

Teten juga mengatakan, sebelum beroperasi pada 6 Mei 2019 nanti, mereka akan melaksanakan penerbangan uji coba tanpa penumpang dari Bandara Sukarna-Hatta ke YIA pada 2 Mei 2019. Mereka terbang dengan menggunakan pesawat Airbus 320.

“Tanpa penumpang, tapi beberapa tim penilai semacam petugas yang mengaudit. Ini (penerbangan uji coba) prosedur yang harus dilakukan bagi penerbangan komersil,” kata Teten.

Citilink sendiri masih dalam proses pengurusan rute dan slot penerbangan ke Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Udara. “Setelah izin rute turun, pada 6 Mei, (Citilink) melakukan penerbangan pertama dan menyosialisasikan kepada pengguna jasa pesawat,” katanya. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like