Bandara Lombok Resmi Jadi Hub AirAsia

Jakarta, airmagz.com – Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), secara resmi menjadi hub AirAsia di Indonesia pada Kamis (2/5). CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, Lombok menjadi hub kelima AirAsia di Indonesia setelah Jakarta, Medan, Surabaya, dan Denpasar.

Dendy mengatakan pemilihan Lombok sudah melalui proses analisa pasar. Kata Dendy, AirAsia melihat potensi Lombok, khususnya dalam hal pariwisata yang menjadi 10 destinasi baru. Dendy menilai, AirAsia siap mendukung pengembangan pariwisata Lombok.

“Dengan diresmikannya hub, AirAsia bisa membantu mempercepat pemulihan industri pariwisata,” ujar Dendy saat peresmian Lombok sebagai Hub AirAsia di Bandara Internasional Lombok, Kamis (2/5).

Dendy menyebutkan, AirAsia merupakan maskapai yang paling banyak membawa wisatawan mancanegara ke Indonesia dengan capaian 3,2 juta penumpang per tahun atau 25 persen. Kata Dendy, AirAsia group memiliki 300 rute penerbangan dengan konektivitas menjangkau 23 negara. Selain itu, AirAsia juga terhubung ke 15 kota di Indonesia.

Dendy menyebutkan, rute penerbangan perdana AirAsia rute Lombok-Perth, Australia akan dilakukan pada 9 Juni. Dengan demikian, hal ini menambah rute penerbangan internasional AirAsia yang sudah ada yakni Lombok-Kuala Lumpur.

“Rencananya akan tambah rute Lombok-Singapura dan rute domestik Lombok ke Jakarta, Bali, Yogya. Sekarang proses izin di Kemenhub,” kata Dendy.

Tak hanya membuka rute baru di Lombok, AirAsia juga meluncurkan livery khusus yang mengambil menggambarkan objek wisata Lombok seperti Gunung Rinjani. (IMN/Republika.co.id)

Share :
You might also like