BMKG Himbau Waspadai Awan Cumulonimbus

Jakarta, Airmagz.com – Himbauan disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Putussibau, Kalimantan Barat Heru Sukoco, untuk seluruh armada penerbangan agar mewaspadai meningkatnya awan cumulonimbus.

“Kami imbau seluruh armada penerbangan di wilayah Putussibau dan sekitarnya untuk mewaspadai awan besar seperti awan cumulonimbus, namun Saya yakin Pilot sudah paham,” tegas Heru.

Namun masyarakat khususnya penumpang penerbangan pada Desember hingga Januari untuk tidak terlalu khawatir, sebab BMKG selalu memberikan data akurat terkait perkembangan cuaca. “Sebelum pesawat berangkat kami sudah harus menginformasikan data yang akurat terkait perkembangan cuaca,” kata Heru.

Sedangkan Prakirawan BMKG Putussibau, I Gusti Agung Angga,  pertumbuhan awan cumulonimbus di daerah Putussibau dan sekitarnya meningkat pada Desember hingga Januari 2017 mendatang. “Awan cumulonimbus merupakan awan tebal yang sangat berbahaya bagi penerbangan,” jelasnya, Senin (5/12).

Angga menjelaskan dalam gumpalan cumulonimbus ini terdapat angin kencang naik dan angin kencang turun. Apabila suatu pesawat masuk dalam gumpalan awal tersebut bisa mengalami guncangan hebat yang rawan akan kecelakaan dalam penerbangan. “Biasanya pilot menghindari awan cumulonimbus itu,” kata Angga.

Di tempat terpisah, Kepala Bandar Udara Putussibau, Hariyanto juga menuturkan pihaknya sering mendapatkan informasi perkembangan cuaca sebelum pesawat berangkat. “Memang untuk Desember sampai Januari cuaca ekstrem berupa hujan lebat,” terang Hariyanto.

Share :
You might also like