Selain Serpihan Pesawat Tim Sar Temukan Jasad Korban ‎Pesawat Skytruck M-28

Jakarta, Airmagz.com – Dalam proses pencarian jenazah korban ‎Pesawat Skytruck M-28 milik Polri yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Tim SAR gabungan telah menemukan satu jenazah korban.  Polisi masih menunggu data antemortem atau data-data fisik korban guna mengidentifikasi potongan jasad tersebut.

Menurut Direktur Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri Kombes Anton Castilani mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan ‎13 data antemortem korban dari para keluarga masing-masing. Data tersebut berupa‎ pakaian, akseroris, barang bawaan, tanda lahir, bekas luka, cacat tubuh, serta sampel DNA.

Dalam laporan yang diterimanya pada Minggu 4 Desember 2016 malam, tim berhasil mengumpulkan sebelas data antemortem ‎yang saat ini berada di Rumah Sakit Bhayangkara, Batam.

“Informasi sampai tengah malam tadi, Tim Antemortem Mabes Polri berhasil mengumpulkan sebelas data antemortem dan DNA pembanding dari keluarga korban di Jakarta dan sekitar‎nya,” kata, Senin (5/12).

Ia menambahkan, data antemortem lainnya masih dalam perjalanan dan akan dikirim pada hari ini menuju RS Bhayangkara, Batam.‎ “Dua data antemortem lainnya dari Jawa Tengah dan Banten akan dikirim Mabes hari ini,” jelas Anton.

Dengan penemuan jasad korban tersebut, Anton berharap, terkumpulnya data antemortem itu pihaknya dapat segera mengidentifikasi potongan tubuh milik anggota Polri korban jatuhnya Pesawat Skytruck. Pasalnya, proses identifikasi sendiri akan melewati tahapan yang panjang untuk menguji keakuratan identifikasi dan juga tes DNA. “Melihat kondisi jenazah yang ditemukan, proses identifikasi akan sangat bergantung pada pemeriksaan DNA‎,” tandas Anton.

Sebagaimana diketahui, Pesawat Skytruck M-28 yang mengangkut 13 anggota Polri jatuh di perairan Lingga, pada Sabtu 2 Desember 2016, dalam penerbangan menuju Batam. Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, dan Polri berhasil mengevakuasi sejumlah potongan tubuh diduga korban Pesawat Skytruck. Potongan-potongan tubuh ini dimasukkan ke dalam empat kantong mayat yang kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, Batam.

Share :
You might also like