Napak Tilas Goa Selarong

Jakarta, airmagz.com- Pangeran Diponegoro yang nama besar cukup legenda itu banyak dikenal dan meninggalkan sejarah panjang bagi bangsa Indonesia salah satunya Goa Selarong yang terletak di Bantul, DI Yogyakarta.

Salah satu peningalan sejarah yang kini banyak dikunjungi, adalah obyek wisata Goa Selarong. Untuk menuju ke Goa Selarong, tidak terlalu sulit, di samping jalannya sudah beraspal, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat –mobil. Sarana angkutan umum pun sudah melewati jalan menuju ke obyek wisata Goa Selarong setiap harinya.

Obyek ini mempunyai latar belakang historis yang mampu memberikan citra serta indentitas Kabupaten Bantul yang memiliki nilai-nilai perjuangan dan semangat pahlawan Diponegoro melawan penjajahan Belanda, pada kurun waktu 1825-1830 Pangeran Diponegoro bersama beberapa pengikutnya, menggunakan Goa Selarong sebagai markas perjuangannya melawan Belanda. Di tempat inilah Pangeran Diponegoro menyusun strategi perang yang kemudian dikenal dengan nama perang gerilya atau perang Jawa, Diponegoro.

Selain aspek sejarah, Goa Selarong juga mempunyai pesona keindahan alam yang mempesona yang diantaranya berupa air terjun,kesenian tradisional.

Sebelum sampai ke Goa, pengunjung akan disuguhi patung pahlawan Pangeran Diponegoro yang senag mengacungkan keris, seolah-olah menyambut kedatangan pengunjung. Patung setinggi empat meter lebih ini dibangun untuk mempercantik obyek wisata sejarah. Setelah itu, melewati deretan kios yang menjajakan aneka jajanan, setiap pengunjung yang hendak naik ke Goanya, terlebih dulu harus menaiki tangga yang jumlahnya sekitar 400-an.

Di sekitar lokasi sudah dibangun semacam pendopo yang berfungsi sebagai tempat istirahat sejenak, sambil menikmati indahnya alam yang terbentang di hadapan. Uniknya, di Goa Selarong banyak terdapat jambu kluthuk yang menjadi mascot, bagi pengunjung yang menikmati buah segar

Goa Selarong berasal dari kata “ Selo” artinya batu dan “ rong” artinya Goa. Jadi Selarong adalah Goa Batu yang pernah digunakan Pangeran Diponegoro dan prajuritnya mengatur strategi perang. Goa Selarong yang digunakan untuk menyusun strategi dan sembunyi Pangeran Diponegoro disebut Goa Lanang, tidak jauh dari lokasi juga terdapat Goa Wadon. (CNR)

Share :