Maskapai Turunkan Frekuensi Penerbangan, AP I Merugi

Jakarta, airmagz.com – Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose menyatakan bahwa, maskapai penerbangan tambahan di Bandara Angkasa Pura I pada lebaran kali ini 1.682 penerbangan.

“Jumlah tersebut turun drastis dari yang diajukan tahun lalu sebanyak 5.245 penerbangan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dia menuturkan, tersambunganya jalan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo membuat tambahan penerbangan atau extra flight yang diajukan maskapai tahun ini berkurang.

“Jadi, dengan moda transportasi lain (yang lewat) seperti Tol Trans Jawa ini (berpengaruh),” tuturnya

Dia menjelaskan dua bandara yang mengalami penurunan tambahan penerbangan dari maskapai berada di Surabaya dan Yogyakarta. Di mana untuk Surabaya, tambahan yang diajukan tahun ini hanya sekitar 500 penerbangan, padahal tahun lalu mencapai 1.598 penerbangan. Namun realisasi tahun lalu hanya 263 penerbangan.

“Sedangkan di Yogyakarta, maskapai hanya mengajukan 297 penerbangan. Padahal tahun lalu, bisa 598 penerbangan. Realisasinya pun rendah, hanya 215 penerbangan. Jadi, secara total, realisasi extra flight tahun ini hanya 1.276 penerbangan atau hanya 24,32%,” ungkapnya. (IMN/Okezone.com)

Share :
You might also like