Bukit Asam Lanjutkan Bea Siswa Bidiksiba Ring 1 UPO 

Sawahlunto, airmagz.com – PT Bukit Asam (Persero) Tbk. Unit Pertambangan Ombilin (UPO) terus melanjutkan program bea siswa bidik misi Bukit Asam (Bidiksiba), untuk tahun kedua, bagi lulusan SLTA yang berada di ring 1 wilayah operasional penambangan batubara dibawah holding PT Inalum berbendera BUMN tersebut.

General Manager PT BA UPO, Nan Budiman, kepada airmagz.com diruang kerjanya Jumat (24/5) mengatakan, bea siswa Bidiksiba itu diperuntukan bagi putra-putri terbaik berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang  perguruan tinggi diploma III Politeknik Negeri Malang (Polinema).
Menurutnya, untuk kuota UPO hanya 5 peserta, 4 Sawahlunto dan 1 Pranap. Sama dengan tahun lalu mereka harus lulus seleksi di Tanjung Enim yang dilakukan Polinema dimana ada12 calon peserta dari Sawahlunto, Sumbar, dan Pranap, Indragiri Hulu ,Riau.

“Tahun lalu proses rekrut melalui Kerapatan Adat Nagari (KAN), sekarang lewat Desa. yang ikut seleksi tahun ini 12 orang diberangkatkan ke Tanjung Enim, nantinya dicari 5 orang lulus terbaik, 4 dari Sawahlunto dan 1 dari Pranap, Riau. Inilah yang nantinya akan mendapat kursi Bidiksiba,”kata Nan Budiman.

Program Bidiksiba merupakan wujud kepedulian PTBA terhadap lingkungannya, khususnya masyarakat kurang mampu di ring 1 UPO Desa Sijantang Koto, Desa Salak, Desa Kubang, dan Desa Kolok. Dikatakan Nan Bidiman, Tak kurang dari Rp2 miliar dana disediakan PTBA selama perkuliahan untuk 4 peserta dari Sawahlunto yang mengikuti Bidiksiba di Polinema tersebut.

Staf ahli Polinema, Bidang Kerjasama, Siti Romlah, menyebutkan, kerjasama Polinema dengan PTBA sudah yang ke-5 di tahun ini. Dalam kerjasamanya pihak PT BA hanya memberikan bea siswa bagi peserta bukan dalam bentuk tugas belajar atau ikatan dinas.

“Seluruh biaya kuliah, mulai dari biaya semester, laptop, buku, kos, uang makan dan jajan, transportasi sepenuhnya ditanggung PTBA. Peluang meraih pekerjaan cukup besar di dalam maupun di luar negeri, silahkan mereka menentukan sendiri sesuai bakat dan jurusan yang dilalui” tutur Romlah.

Sementara, Joko Santoso, Humas Polinema, menambahkan, peserta dapat memilh jurusan yang disukai seperti, teknik listrik, teknik elektronika, teknik telekomunikasi, manajemen informatika, teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, teknologi kontruksi jalan, jembatan dan bangunan air. akutansi, administarsi bisnis, dan bahasa Inggris.

“Tapi ingat, selama kuliah mereka harus meraih nilai dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0. Jika di bawah itu, PTBA tidak akan menanggung  fasilitas pembiayaan kuliah. Kami akan pantau dan awasi karena ada kewajiban melaporkan prestasi akademik terhadap indeks prestasi kumulatif semua peserta,” ungkap Joko.

Sarat Bidiksiba, lulsu SM/SMK sederajad, berlokasi disekitar PTBA UPO dan berada di ring 1 perusahaan, lulus masuk perguruan tinggi, surat keterangan tidak mampu dari desa, tidak sedang menerima bea siswa dari pihak lain, surat pernyataan kesungguhan. (IYD)

Share :
You might also like