Ini Paket Liburan Outdoor Yang Menantang dan Berkesan

Jakarta, Airmagz.com-Sudah punya rencana liburan kemana?, beberapa paket wisata yang bisa dipilih untuk mengisi liburan pertengahan tahun, akhir tahun, dan akhir pekan Anda mungkin banyak bertebaran. Tapi tidak ada salahnya mencoba paket aktivitas outdoor yang berkesan dan menantang berikut ini, jangan lupa perlengkapannya ya.

Event International Indonesia Outdoor Festival (IIOutfest) yang akan diselenggarakan 1-4 Agustus di Lapangan Aldiron, Jakarta mendatang memang bisa menjadi ajang mencari inspirasi dan pilihan mengisi liburan yang berkesan, diantaranya Skywalker Via Ferrata, Glamping Advanture di Gunung Geulis Campsite dan Citarik River Camp.

Dalam keterangan resmi yang diterima Airmgaz.com, Minggu (26/5), Founder dan Owner Skywalker Via Ferrata Muhammad Rubini, mengatakan Via Ferrata bisa dilakukan oleh anak-anak mulai dari usia 7 tahun hingga orang tua. Sejauh ini peminatnya bukan hanya segmen perorangan, tetapi juga keluarga dan corporate.

Foto : Istimewa

Skywalker Via Ferrata, adalah salah satucara menikmati alam dari ketinggian sekaligus menantang keberanian dan menumbuhkan rasa percaya diri. Skywalker Via Ferrata di Kabupaten Purwakarta, menawarkan kegiatan panjat tebing bagi pemula yang aman dan menyenangkan.

Skywalker Via Feratta menawarkan aktivitas panjat tebing yang bisa dilakukan pemula dan masyarakat umum. Pemanjatan dilakukan dengan pengaman terstandarisasi dan menggunakan bantuan pijakan besi yang sudah ditancap di tebing. Sudah pasti akan ada instruktu dan pemandu yang mendampingi.

Ada dua ketinggian tebing yang ditawarkan, yakni 700 mdpl dengan lama pendakian sekitar 2 hingga 3 jam dan 900 mdpl dengan lama pemanjatan antara 4 hingga 5 jam. Dua jenis pendakian itu bisa dilakukan dengan santai sembari menikmati pemandangan dan tentu berbagai titik pengambilan foto dengan hasil yang luar biasa.
Manajemen Skywalker mengemas dua ketinggian itu dalam dua paket utama, yakni One Day Trip dan Paket Dua Hari Satu Malam.

One Day Trip menurut Rubini yang biasa dipanggil Bibin, ditujukan untuk wisatawan yang ingin melakukan petualangan tapi tidak memiliki banyak waktu. Harga paket One Day Trip dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni Open Trip dan On the Spot.

Open Trip 700 mdpl dihargai Rp385 ribu, 900 mdpl Rp475.000. Sedangkan On the Spot 700 mdpl Rp280 ribu dan yang 900 mdpl Rp280.000. “On the Spot ditujukan untuk pengunjung yang langsung datang ke lokasi. Mereka akan mendapa fasilitas bebas parkir, safety equipment, instruktur, pemandu, makan satu kali, air mineral dan asuransi. Sedangkan Open Trip termasuk transportasi dari Jakarta, namun hanya berlaku di hari Sabtu,” papar Bibin.

Untuk paket dua hari satu malam, manajemen Skywalker menawarkan menginap di tenda. Fasilitasnya hampir sama, tetapi ditambah makan 3 kali. Paket ini juga dibagi menjadi Open tTip dan On the Spot. Untuk Open Trip dengan pendakian 900 mdpl dipatok harga Rp650 ribu dengan minimum peserta 6 orang, sedangkan On the Spot Rp500 ribu tanpa minimum peserta.

“Ini jenis wisata yang antimainstream dan akan memberi pengalaman tidak terlupakan. Selain itu, kegiatan alam bebas ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, menguatkan ikatan antarkeluarga dan teman, dan yang pasti mendapatkan pemandangan indah dari ketinggian,” pungkas Bibin.

Glamping Adventure

Glamping Gunung Geulis Campsite dan Citarik River Camp juga bisa jadi pengisi liburan yang mengesankan dan mampu mempererat ikatan antaranggota keluarga dan teman. Nikmati pengalaman berpetualang dan menginap di alam bebas dengan fasilitas layaknya hotel.

Gunung Geulis Campsite terletak di puncak Gunung Geulis dengan ketinggian 680 mdpl, tepatnya di Jl Raya Golf Gunung Geulis, Bogor, hanya 50 km dari Jakarta, 14 km dari Kota Bogor, dan 25 km dari kawasan Puncak. Meski tak jauh dari Ibu Kota dan pusat kota Bogor, namun udara dan suasana yang ditawarkan sungguh jauh dari hiruk-pikuk.

Gunung Geulis Campsite memiliki pilihan jenis akomodasi dengan konsep perkemahan di alam terbuka, mulai dari tenda semi permanen dengan kamar mandi dalam dan pilihan tenda dome. Beragam kegiatan bisa dilakukan, mulai dari treking ringan, bersepeda, paralayang, arung jeram, off road, paint ball, dan berbagai kegiatan untuk kepentingan outhing.

Untuk Bulan Ramadan ini tersedia paket khusus bersifat taddabur alam yang bisa diisi dengan pengajian dan ceramah. Paket khusus tersebut ditawarkan dengan harga Rp250 ribu/orang, termasuk takjil, makan malam, snack, makan sahur dengan minimal pemesanan untuk 8 orang.

“Ada juga paket Summer Amazing Holiday yang dibanrol Rp250 ribu/kepala dengan fasilitas tiga kali makan dan dua kali snack,” papar Ronie Ibrahim, owner Gunung Geulis Campsite dan Citarik River Site.

Jika ingin glamour camping di tengah alam dan dekat dengan sungai, maka pilihan bisa dijatuhkan ke Citarik River Camp yang terletak Kampung Cibatu, Desa Samporam, Cikadang, Sukabumi. Tempat ini menawarkan pengalaman berbeda yang tidak kalah mengasyikan.

Nikmati pengalaman tidur di alam bebas dengan tenda semi permanen mau pun tenda dome dengan fasilitas hotel bintang dan lakukan beragam kegiatan yang bisa menambah kekompakan.

Hingga akhir Juni, manajemen Citarik River Camp menawarkan 3 jenis paket khusus, yakni Paket 234, 345, dan 456. Paket-paket itu dinamai sesuai dengan tiga angkat pertama harga yang ditawarkan perorang. Paket 234 dibanrol Rp234 ribu/orang sudah termasuk makan tiga kali, snack dua kali, dan aktivitas paint ball.

Paket 345 seharga Rp345 ribu/orang dengan fasilitas yang sama, hanya saja paint ball diganti dengan pilihan arung jeram sejauh 5 km. Sedangkan paket 456 ditawarkan dengan harga Rp456 ribu/orang, termasuk kegiatan paint ball dan arung jeram sejauh 5 km. “Paket ini berlaku hingga akhir Juni, kecuali hari pertama Lebaran kami libur,” tutur Ronie.

Produk Petualangan

Tertarik dengan wisata luar ruang? Barangkali sudah saatnya melirik berbagai perlengkapan outdoor yang terstandarisasi dan kini tampilannya kian menarik.

Owner brand Avtech Yudie Kurniawan menjelaskan, kebutuhan perlengkapan outdoor tergantung destinasi yang akan dikunjungi. Jika ke gunung, maka pilih produk yang waterproof, kuat dan nyaman. Jika ke pantai pilih produk yang quick dry dengan bahan yang tidak menyerap panas.

”Intinya pilih perlengkapan dan peralatan yang bisa menunjang kenyamanan berlibur,” katanya sembari menambahkan bahwa produk Avtech dibuat dengan spesifikasi aktivitas outdoor dengan kualitas yang sudah terstandarisasi. Jenis produknya pun beragam, mulai dari perlengkapan pendakian hingga kebutuhan outdoor standar seperti jaket, topo, sandal, kemeja, T shirt, dan sebagainya.

Saat event IIOutfest 2019, Avtech menyiapkan promo untuk tiga kategori, yakni produk terbaru, produk kolaborasi, dan produk bertema Epic Forest. Produk kolaborasi bakal memberi warna tersendiri dan pilihan berbeda buat para penggemar outdoor.

Di antaranya ada kolaborasi dengan brand yang mengangkat kain tenun. Itu berarti produk Avtech kategori ini akan mendapat sentuhan desain kain tenun, mulai dari topi, kemeja, dry pack, sampai tas.

“Avtech juga berkolaborasi dengan brand Boogie untuk membuat produk kolaborasi sandal watersport. Untuk kategori produk bertema Epic Forest, Avtech mengeluarkan produk-produk yang disesuaikan dengan karakter hutan tropis di Indonesia,” pungkas Yudie.

Share :
You might also like