Lima Tower ATC Tertinggi, Salah Satunya di Asia Tenggara

Jakarta, airmagz.com –  Keberadaan Tower ATC di setiap bandara sangatlah penting, pergerakan lalu lintas sudah barang tentu berpusat pada bangunan tersebut, tapi tahukah kamu, peringkat pertama tower ATC tertinggi di dunia ada di Asia Tenggara?

5. Guangzhou Baiyun Int’l Airport – Cina

Bandara dengan menara ATC tertinggi di Cina ini memiliki ketinggian yang sama dengan Cairo International Airport, yaitu setinggi 361ft atau setara dengan 110 meter.

4. Haneda Int’l Airport – Jepang

Menara ATC baru milik Bandara Haneda, yang dibuka pada bulan Januari 2010 ini memiliki ketinggian 115,7 meter (380ft) dan menjadikannya menara ATC tertinggi keempat di dunia. Padahal, sebelum menara baru ini dibangun, menara yang lama tercatat lebih tinggi 38m.

3. Hartsfield-Jackson Atlanta Int’l Airport – Amerika

Bandara yang tercatat sebagai bandara tersibuk dunia ini memiliki ketinggian menara ATC yang cukup fantastis, yaitu 398ft atau setara dengan 121,31 meter. Setiap harinya, menara ini memantau kurang lebih 2500 kedatangan dan keberangkatan dari berbagai provider penerbangan.

2. Kuala Lumpur Int’l Airport – Malaysia

Posisi kedua diisi oleh bandara dari negeri tetangga, Malaysia. Menara yang berbentuk sepeti obor olimpiade ini memiliki ketinggian 426ft. Dengan ketinggiannya yang setara dengan 130 meter ini, menara ATC mampu memantau sebanyak 120 penerbangan setiap jamnya.

1. Suvarnabhumi Int’l Airport – Thailand

Dan, inilah bandara yang memiliki menara ATC tertinggi di dunia. Bandara yang kerap kali disebut New Bangkok International Airport of Thailand ini memiliki ketinggian 434ft atau setara dengan 132,2 meter. Walaupun menara ATC tertinggi di dunia, namun jumlah penerbangan yang di-handle oleh bandara yang memiliki kode BKK ini tidak sebanyak KLIA, yaitu hanya 76 penerbangan per jamnya. (IMN/FaktaPenerbangan)

Share :
You might also like