Keliru! Penumpang YIA Malah Menuju Bandara Adisutjipto

Jakarta, airmagz.com – Sekitar lima orang pemudik pengguna jasa transportasi udara melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo kesasar ke Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang berada di Kabupaten Sleman. Kok bisa?

Saat dimintai konfirmasinya, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto sekaligus Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama membenarkan adanya insiden tersebut.

“Arus balik ada pemudik yang missed, kemungkinan belum familiar antara Yogyakarta International Airport dengan Adisutjipto Yogyakarta,” kata Pandu kepada wartawan, Kamis (13/6/2019) sore.

Hal itu disampaikannya seusai apel penutupan Posko Angkutan Udara Lebaran 2019 di lapangan NDB Angkasa Pura I Yogyakarta.

Pandu mengungkapkan, ada sekitar lima calon penumpang yang harusnya di berangkat melalui YIA tapi justru datang ke Adisutjipto. Mereka keliru membaca kode penerbangan dalam lembar tiket.

“Ada kesalahan membaca kode, kalau Kulon Progo kodenya YIA, di Adisutjipto kodenya JOG,” jelasnya.

Para calon penumpang itupun akhirnya terlambat untuk naik pesawat. Pandu menyebut pihak maskapai telah menangani insiden tersebut.

“Walaupun sudah ada sosialisasi angkutan pendukung dengan KAI, Damri, Shuttle-Qu, tapi ada beberapa penumpang yang belum mengetahui sehingga tidak keburu karena KAI (dari Adisutjipto) ke YIA 45 menit. Tapi maskapai telah memberikan penggantian,” ujarnya.

Pada operasional perdananya, bandara YIA mampu menyedot 13.504 penumpang selama masa Angkutan Udara Lebaran 2019. Puncak arus mudik tercatat dalam sehari sebanyak 1.020 penumpang dengan 9 flight. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like