Pesawat Listrik Muncul di Paris Air Show

Jakarta, airmagz.com – Sebuah pesawat listrik yang mampu terbang hingga 650 mil dengan sembilan penumpang melakukan debutnya di Paris Airshow pada Selasa (19/6/2019). Pabriknya menargetkan rute komuter regional seperti ibu kota Prancis ke kota Selatan Toulouse.

Eviation Aircraft mengatakan, pesawat itu bernama Alice yang merupakan hasil pemikiran kreatif yang radikal tentang berbagai hal untuk membuat pesawat, termasuk biaya, pengalaman, dan dampak lingkungan.

Isu green economy sekarang sedang trending. Dampak dari perjalanan di udara terhadap lingkungan menjadi fokus utama para juru kampanye iklim dan maskapai penerbangan. Banyak pihak yang telah lama mencari cara untuk mengatasi emisi dan penghematan biaya melalui desain baru dan teknologi yang lebih bersih.

“Beroperasi dengan biaya yang lebih hemat dari pesawat jet konvensional, Alice akan mendefinisikan ulang bagaimana orang bepergian secara regional serta menjadi era baru penerbangan yang lebih tenang, lebih bersih, dan hemat biaya,” ucap CEO Eviation, Omer Bar-Yohay.

Perusahaan itu juga akan mencari pasar di kota-kota dengan lalu lintas yang padat, seperti Paris ke Toulouse, Oslo Norwegia ke Trondheim, dan San Jose Amerika ke San Diego.

Sebagaimana dilansir Reuters, pelanggan komersial pertamanya adalah Cape Air, salah satu maskapai penerbangan regional independen terbesar di Amerika Serikat, yang melayani 35 kota di AS dan di Karibia. Cape Air memiliki opsi pembelian “dua digit” untuk Alice.

“Kami melihat peluang luar biasa dari operasi kami untuk mengurangi dampak lingkungan,” kata Pendiri dan CEO Cape Air, Dan Wolf dalam sebuah pernyataan.

Setelah mengikuti uji penerbangan tahun ini dan sertifikasi pada 2021, Eviation mengatakan, pihaknya berencana mulai mengirim pesawat untuk penggunaan komersial pada 2022. (IMN/Wartaekonomi.co.id)

Share :
You might also like