Mahasiswa di Maluku Tenggara Dibekali Pelatihan Pariwisata

Jakarta, airmagz.com – Mahasiswa di Maluku Tenggara diberikan bekal pelatihan pariwisata sebagai upaya untuk mencetak lebih banyak kader pariwisata di wilayah tersebut.

Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Alfin Merancia saat Kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan Goes To Campus, di Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual, Maluku Tenggara, Selasa (18/6/2019) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan juga “awareness” mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa.

Foto : Kemenpar

“Hal ini juga untuk memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata. Dan untuk menciptakan kader pariwisata yang aktif dalam pengembangan pariwisata. Khususnya, di wilayah Kei-Maluku termasuk Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara,” kata Alfin.

Alfin menjelaskan, sebagai negara kepulauan, potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia sangat tinggi.

“Dan untuk mengelola itu, dibutuhkan SDM-SDM andal. SDM inilah yang akan memastikan wisata bahari Indonesia terjaga, serta tergali dengan maksimal. Karena bahari menjadi salah satu andalan pariwisata kita. Sedangkan pariwisata, adalah penyumbang devisa, dan salah satu yang terbesar,” paparnya

Menurutnya, para mahasiswa Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual harus menyadari potensi tersebut.

“Pariwisata itu masa depan bangsa. Sektor yang sangat menjanjikan. Mahasiswa bisa mengambil bagian dalam sektor pariwisata. Pemahaman tentang inilah yang kita sampaikan. Maka narasumber yang kami hadirkan pun beragam. Bahkan hingga profesional,” papar Alfin.

Turut hadir dalam kegiatan kali ini antara lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Roy Rahajaan yang menyampaikan materi terkait Arah Kebijakan Pengembangan SDM Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara.

Kemudian Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual Jusron Ali Rahajaan dengan materi yang disampaikan terkait Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pengembangan SDM Kepariwisataan.

Ada juga Manager Area III Traveloka.com, Louis Alfonso Kodoatie, yang memberikan pemahaman mengenai Digital Millenial Tourism. (IMN/Kemenpar)

Share :