Pesawat Tempur MIG-29 Cegat Pesawat Penumpang Italia

Jakarta, airmagz.com – Sebuah penerbangan komersial Italia dicegat oleh dua pesawat jet tempur MiG-29 Slovakia karena pilotnya tidak menanggapi petugas pengendali lalu lintas udara. “Diam”-nya pilot itu membuat petugas pengendali lalu lintas khawatir dengan nasib penerbangan.

Penerbangan yang dicegat itu tipe Airbus A320 milik maskapai Ernest Airlines. Pesawat terbang pada hari Minggu dari Milan, Italia, dan menuju Kharkiv, Ukraina, ketika dicegat oleh dua jet tempur di atas wilayah udara Roznava, Slovakia.

Menurut laporan Air Live, Senin (24/6/2019), kedua jet tempur MiG-29 kembali ke pangkalan Sliac, Slovakia setelah pesawat Airbus A320 melakukan kontak dengan pengontrol lalu lintas udara.

Ketika kedua jet tempur era Uni Soviet itu lepas landas dari Pangkalan Udara Sliac untuk melakukan intersepsi, suara keras terdengar di atas kota Rožňava.

Situs pemantau penerbangan, Flightradar24, melaporkan bahwa layanan Ernest Airlines dari Milan ke Kharkiv pada 23 Juni seharusnya lepas landas pada pukul 10.00 pagi (Waktu Universal Terkoordinasi), namun waktu keberangkatan tertunda hingga pukul 20.00 malam.

Pesawat Airbus A320 itu semestinya mendarat pada pukul 14.20 siang, namun pada akhirnya mendarat pukul 23.57 malam.

Pihak maskapai belum menjelaskan mengapa pilot Ernest Airlines “diam” saat dikontak petugas pengendali lalu lintas udara Slovakia. Maskapai juga tidak merinci jumlah penumpang dan kru saat kejadian itu berlangsung. (IMN/Sindonews.com)

Share :