Pekerja Maskapai Taiwan Mogok Kerja

Jakarta, airmagz.com – Kali kedua pekerja maskapai penerbangan Taiwan tahun ini mogok kerja, sampai sekarang telah berdampak pada lebih dari 25.000 penumpang.

Dilansir VOA, Pemogokan pekerja di Eva Airways hari Senin (24/6) memasuki hari kelima, dan mempengaruhi jadwal dari sekitar 60% penerbangan,serta mengakibatkan sekitar 25.300 penumpang terpaksa dialihkan ke pesawat terbang dari maskapai penerbangan lain. Sekitar 2.000 orang, dua pertiga dari semua pramugari, meninggalkan pekerjaan mereka sementara banyak orang Taiwan bersiap-siap memulai liburan musim panas mereka.

Sebelumnya, Pada bulan Februari, sekitar 600 dari 900 pilot yang bergabung dalam serikat kerja China Airlines, mogok seminggu selama musim sibuk Tahun Baru Imlek. Eva dan China Airlines adalah dua maskapai penerbangan terbesar di Taiwan, yang membawa penumpang setiap hari sampai ke Amerika Utara.

Pramugari Eva Airways yang didukung oleh Persatuan Pramugari Taoyuan menuntut delapan hal, termasuk gaji yang lebih besar dan pengurangan lembur untuk penerbangan internasional. Sementara itu, Pilot China Airlines menginginkan gaji yang lebih tinggi dan lebih banyak staf untuk mengurangi kelelahan pada penerbangan yang lebih lama. Maskapai setuju untuk menambah jumlah pilot.

Dampak pemogokan ini terlihat jelas untuk para penumpang. Pada hari Minggu Eva Airways telah membatalkan 158 penerbangan dan memperkirakan kerugian $ 18,7 juta. Pemogokan Februari lalu oleh Persatuan Pilot Taoyuan menyebabkan pembatalan 80 penerbangan dan kerugian $ 34 juta bagi ChinaAirlines. (CNR)

Share :
You might also like