Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Bukit Asam Tbk Bangun Pompa Irigasi Tenaga Surya

Sawahlunto, airmagz.com – PT Bukit Asam Tbk, Senin mendatang (8/7) akan meresmikan dua proyek pompa irigasi tenaga surya pertama di Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi, dan jembatan Lakuak Code di Desa Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar,  Sumatera Barat.

Kedua proyek tersebut, dibangun  PT Bukit Asam Tbk. melalui program CSR (Corporate Social Responsibility dengan dana sekitar Rp 1,4 milyar lebih, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun kemandirian masyarakat.

Asisten Manager Perencanaan dan Dokumentasi CSR PT Bukit Asam Tbk. Syamsuir yang dihubungi via telepon menyebutkan, besaran anggaran yang dialokasikan PT BA untuk pembiayaan kincir air irigasi bertenaga surya dilengkapi jaringan irigasinya sebesar Rp 999,160 juta.

Sedangkan jembatan Lakuak senilai Rp 500 juta, dengan rincian Rp 300 juta dari program CSR PT Bukit Asam dan Rp 200 juta merupakan swadaya masyarakat setempat dalam bentuk material batu, pasir dan semen.

PT Bukit Asam, Tbk merupakan perusahaan holding PT Inalum, yang bergerak disektor bisnis penambangan batubara dan industri pembangkit listrik tenaga uap, menaungi bebrrapa Unit penambangan termasuk Tambang Ombilin (UPO).

Persiapan

Alman Syarif, salah satu Asmen Unit Pertambangan Ombilin (UPO) dan Maswir kepada airmagz.com mengatakan, peresmian kincir bertenaga surya tersebut dilakukan Gubernur Sumbar dan Direktur PT Bukit Asam Tbk. Arviyan Arifin.

Menurutnya, seluruh persiapan dalam rangka peresmian itu telah di lakukan dengan berkoordinasi dengan pihak terkait, serta penyampaian undangan yang langsung ditandatangani Direktur Utama.

Rangkaian acara tersebut rencananya diawali dengan tarian pasambahan sebagai bentuk kehormatan terhadap tamu, seterusnya menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan Direktur Utama Arviyan Arifin, Walikota Sawahlunto Deri Asta, dan Gubernur Sumatera Barat.

Sebuah sumber dipercaya menyebutkan, Wako Deri Asta dan Gubernur Sumbar kini masih berada di Azerbaijan, mengikuti persidangan ICOMOS (International Council on Monuments and Sites)  untuk menentukan perjuangan akhir  tambang Ombilin memperoleh pengakuan sebagai warisan dunia world heritage oleh UNESCO.

Berkemungkinan peresmian akan di hadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abid dan Wakil Walikota Sawajhlunto H.Zohirin Sayuti.

Gubernur dalam peresmian akan menggunting pita dan pembukaan keran air pompa irigasi Talawi oleh Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, setelah itu melakukan penandatanganan prasasti Pompanisasi air Desa Talawi Mudik, dan prasasti jembatan Lakuak Code di Lintau Buo Tanah Datar.(IY)

Share :
You might also like