Dua Pesawat Bertabrakan di Bandara Amsterdam, Bikin Delay Berjam-Jam

Jakarta, airmagz.com – Belum lama ini berita tabrakan pesawat di Bandara Schipol, Amsterdam tengah jadi perbincangan hangat publik.  Dua pesawat dikabarkan saling bersenggolan di landasan pada hari Selasa (9/7/19) pagi waktu setempat.

Dilansir Suara.com dari laman The Guardian, Rabu (10/7/19) ratusan penumpang harus mengalami delay penerbangan selama berjam-jam akibat insiden tabrakan tersebut.

Kejadian bermula saat pesawat easyJet A320 Airbus akan bertolak menuju London, sedangkan KLM Boeing 737-800 hendak melakukan penerbangan ke Madrid.

Keduanya sama-sama hendak berbalik arah menjauhi gerbang keberangkatan mereka.

Karena jaraknya terlalu dekat, alhasil sayap pesawat easyJet mengenai bagian ekor pesawat KLM.

Momen dua pesawat bersenggolan di Bandara Schipol ini sempat diabadikan lewat foto oleh salah seorang penumpang easyJet.

Postingan ini mendadak viral usai diunggah kembali oleh akun @PlanetPlanes.

Seorang penumpang pesawat easyJet mengatakan kepada Press Association bahwa dirinya mengalami goncangan saat tabrakan itu terjadi.

Akibat kejadian tersebut, seluruh penumpang pesawat harus menunggu lebih dari satu jam di landasan, sementara staf bandara mencari cara untuk menangani insiden tersebut.

Mereka mengalami penundaan penerbangan (delay) selama kurang lebih empat jam usai peristiwa itu.

“Saya senang semua orang baik-baik saja,” ungkap salah seorang penumpang easyJet.

Sementara itu penumpang yang menggunakan maskapai KLM telah berangkat lebih dahulu menuju Madrid menggunakan pesawt pengganti.

Kedua pesawat yang saling bersenggolan ini telah ditarik dari layanan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“EasyJet memberikan konfirmasi bahwa dua pesawat terlibat kontak selama pushback dari stand, salah satunya yakni easyJet EJU 8868 dari Amsterdam menuju London, Gatwick,”ungkap perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Penumpang sekarang telah kembali ke terminal untuk mendapatkan voucher dan menunggu pesawat pengganti. Keselamatan penumpang dan awak kabin adalah prioritas easyJet dan penyelidikan telah diluncurkan sesuai dengan prosedur untuk memahami masalah yang terjadi,” imbuhnya.

KLM juga sempat memberikan konfirmasi kejadian tersebut melalui Twitter.

Pagi ini KLM Boeing 737-800 menabrak pesawat lain selama melakukan pushback di pintu gerbang. Para penumpang tidak dalam bahaya dan dibawa keluar dari pesawat. Setelah tertunda selama 2,5 jam, para penumpang telah melanjutkan perjalanan dengan pesawat lain.” (IMN/Suara.com)

Share :