Listrik Bandara Soetta Padam, Penerbangan Garuda Terganggu

Jakarta, airmagz.com – Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengalami padam listrik pada Senin (15/7/2019) sekitar 04.58 WIB. PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional  Soekarno-Hatta, Febri Toga  Simatupang mengatakan, padamnya listrik di Terminal 3 Bandara Soetta membuat sejumlah jadwal penerbangan terganggu.

“Padamnya listrik yang terjadi pada Senin sekitar pukul 04.58 WIB telah berakibat beberapa jadwal penerbangan mengalami  keterlambatan.”

“Tapi tidak banyak, penerbangan yang domestik saja, maskapai Garuda Indonesia. Itu pun tidak banyak, hanya sekitar 10 flight saja,” ujar Toga melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Setelah kurang lebih beberapa detik, kata Toga, sistem backup genset meng-cover dan melakukan pemulihan sampai seluruh kegiatan pelayanan operasional penerbangan kembali normal.

Febri menjelaskan, fasilitas yang terganggu akibat kejadian ini antara lain fasilitas check-in dan baggage handling system. ”Terpaksa sempat dilakukan secara manual.  Sebab, fasilitas check-in memerlukan recovery 10-15 menit. Sedangkan baggage handling system memerlukan restart sekitar 30 menit. Febti melanjutkan, penyebab terganggunya aliran listrik  dari MPS 3, masih dalam penelusuran unit terkait.

“Saat ini kami terus melakukan  investigasi dan evaluasi. Dan, kondisinya kini telah normal kembali. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” sebutnya.

Padamnya listrik di Terminal 3 Soetta ini juga dikeluhkan oleh penumpang seperti yang dituliskan Bugi Sumirat dalam akun twitternya @kangbugi.

“@AP_Airports @jokowi luar biasa #terminal3 bandara Soetta padam listrik sudah hampir satu jam tanpa ada alternatif lain, generator misalnya. Bandara gelap gulita, air di toilet mati, termasuk ban berjalan. Sekelas terminal 3 yg internasional mengalami kejadian ini kok memalukan ya,” tulis Bugi dalam akun twitternya.

Saat dihubungi Kompas.com, Bugi mengatakan bahwa listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta padam sekitar pukul 05.02 WIB ketika dirinya selesai menunaikan shalat subuh.

Setelah itu, Bugi menuju gate atau pintu 21 namun gelap gulita. Begitu pun dengan fasilitas air di Terminal 3 yang juga mati karena listrik padam. Tak lama kemudian, cuitan Bugi di twitter direspons oleh pihak Angkasa Pura II selaku pengelola terminal 3 yang menyebut adanya kendala suplai listrik. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like