Dell Umumkan Hasil Riset WE Cities Index, Jakarta Naik Peringkat

Jakarta, Airmagz.com – Dell mengumumkan hasil riset tahunan ke-10 Dell Women Entrepreneur Network (DWEN). Pasalnya, hasil dari Indeks Wirausaha Wanita di Perkotaan (WE Cities Index), yaitu riset yang menyusun peringkat 50 kota-kota di dunia berdasarkan kemampuan kota-kota tersebut mendorong pertumbuhan bagi wirausaha wanita.

Peringkat yang disusun Dell ini didasarkan pada dampak dari kebijakan, program dan karakteristik lokal, serta hukum dan budaya lokal dalam membantu meningkatkan dukungan bagi wirausaha wanita dan ekonomi pada umumnya.

Sejak tahun 2017, seluruh 50 kota menunjukkan kemajuan dari tahun-ke-tahun pada sebagian besar indikator yang diteliti dan Wilayah Teluk San Fransisco mengambil alih posisi No. 1 dari kota New York. Berkat kemajuan yang ditunjukkan dalam memberikan akses kapital dan mentor yang lebih besar kepada wirausaha wanita.

“Sebagai salah satu kota yang menjadi pusat pertumbuhan perusahaan rintisan (startup), kenaikan peringkat Jakarta dalam Indeks WE Cities merupakan tanda positif dari peran kota ini sebagai pusat pertumbuhan. Dan kita perlu membantu membuka lebih banyak pintu bagi wirausaha wanita untuk mewujudkan ambisi wirausahanya,” ujar Richard Jeremiah, General Manager, Indonesia, Dell Technologies.

Selain itu, kota-kota di wilayah Asia Pasifik juga menunjukkan perbaikan sama seperti kota-kota lainnya di dunia, bahkan mencatat peningkatan terbesar di pilar Bakat. Wilayah ini juga menunjukan peningkatan signifikan di pilar Teknologi dan menjadi wilayah dengan tingkat peningkatan terbaik di pilar ini

Richard mengatakan, dengan laporan ini, berharap bisa membantu mengidentifikasi bidang-bidang yang membutuhkan perubahan dan memberikan rekomendasi untuk membantu mendorong pertumbuhan wirausaha wanita di kota ini

Disusun berdasarkan pengalaman selama 10 tahun meneliti wirausaha wanita, Dell bekerja sama dengan IHS Markit meneliti dan menyusun peringkat ke-50 kota tersebut berdasarkan lima karakteristik penting, yaitu Modal, Teknologi, Bakat, Budaya dan Pasar. Kelima pilar ini disusun ke dalam dua kelompok – lingkungan operasional dan lingkungan pendukung. Peringkat keseluruhan disusun berdasarkan 71 indikator, dimana 45 indikator diantaranya memiliki komponen berbasis gender. Indikator individual diberi bobot berdasarkan empat kriteria: relevansi, kualitas data dasar, keunikan dalam indeks dan komponen gender. (JML)

Share :