Transnusa Buka Rute Balikpapan-Pulau Maratua

Jakarta, airmagz.com – Pulau Maratua, Kabupaten Berau kini menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, terutama para penyelam.

Puluhan titik penyelaman di sekitar Pulau Maratua ini memang menawarkan sensasi menyelam yang beragam, mulai untuk pemula sampai penyelam tingkat lanjut.

Beberapa tahun lalu, wisatawan yang hendak menuju Pulau Maratua hanya bisa menjangkau pulau wisata ini dengan jalur laut,

kini wisatawan bisa dnegan mudah menuju pulau terdepan yang berbatasan dengan Filipina dan Malaysia melalui jalur udara.

Setelah Wings Air dan Garuda Indonesia, kini maskapai TransNusa juga membuka rute penerbangan ke Pulau Maratua, khusus untuk melayani wisatawan yang hendak menyelam ke pulau ini.

Sigit, Station Supervisor TransNusa kepada Tribunkaltim.co, Selasa (16/7/2019) membenarkan, pesawat ATR 72 milik Trnasnusa sudah mendarat di Pulau Maratua.

Sigit mengatakan, penerbangan ke Pulau Maratua dari Balikpapan dilakukan setiap hari hari Sabtu.

“Penerbangan perdana kami lakukan pada 13 Juli 2019, kemudian jadwal penerbangan dilakukan setiap hari Sabtu, pukul 14.00 Wita dan mendarat di Bandara Maratua pukul 15.15 Wita dan kembali ke Balikpapan pukul 15.40 Wita,” jelasnya.

Meski demikian, Sigit menambahkan, penerbangan ini belum terjadwal secara reguler. Penerbangan ini merupakan penerbangan charter.

“Sementara ini hanya melayani charter salah satu resort yang membawa penyelam. Kami tidak menjual tiket, melainkan resort yang menjual tiket, rutin seminggu sekali dan harga tiket juga ditentukan resort,” jelasnya.

Sigit juga mengatakan, penerbangan ke Pulau Maratua sebagai bentuk kontribusi maskapai ini untuk mendukung pariwisata Berau yang semakin diminati oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Dalam brosur wisata yang diterima Tribunkaltim.co, dari salah satu pengelola resort di Pulau Maratua, resort tersebut menawarkan harga Rp 2.900.000 untuk sekali jalan dan Rp 5.800.000 untuk penerbangan pergi-pulang.

TransNusa juga melayani penerbangan reguler dari Balikpapan ke Bandara Kalimarau Berau sejak bulan Janurai 2019 lalu.

TransNusa menggunakan pesawat jenis ATR-72 berkapasitas 72 orang atau penumpang. “Ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat Berau, apalagi penerbangannya dilakukan setiap hari,” kata Bambang.

Saat ini, jumlah maskapai yang dilayani Unit Penyelenggara Bandar Udara Kalimarau, ada tujuh maskapai di antaranya, Garuda Indonesia, Wings Air (Lion Grup), Sriwijaya, Nam Air, Express, Susi Air, dan TransNusa. (IMN)/Tribunnews.com)

Share :
You might also like