LAPAN Sediakan Akses Penginderaan Jarak Jauh Secara Gratis

Jakarta, airmagz.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah memenuhi kewajibannya dalam menyediakan data, metode, dan informasi penginderaan jauh tanpa biaya. Fasilitas ini diberikan kepada seluruh instansi/lembaga negara, pemerintahan, kementerian, dan perguruan tinggi secara cuma-cuma. Khusus bagi instansi swasta pembiayaannya akan dimasukan ke dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“LAPAN diwajibkan oleh pemerintah untuk melakukan penginderaan jarak jauh dengan resolusi menengah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi yang bisa diakses masyarakat melalui provider. Seluruh instansi atau lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dan kementerian bisa mendapatkan secara gratis. Kalau swasta nanti ada penerimaan negara bukan pajak,” jelas Peneliti Muda LAPAN Rudi Catur Nugroho kepada airmagz.com, Kamis (18/7).

Menurutnya, penginderaan bisa digunakan oleh pemerintah daerah untuk pemetaan RTRW, Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), dan sumberdaya darat yang bisa dimanfaatkan untuk pemantauan hutan. “Informasi ini kita berikan secara gratis setiap hari kepada lembaha stakeholder yang bekerjasama dengan Lapan,” sambung Rudi.

Sejauh ini, kata dia, sejumlah instansi swasta yang memanfaatkan teknologi penginderaan jarak jauh, diantaranya adalah PT Marlin dan PT Perikanan Nusantara.

Sehari sebelumnya, LAPAN melalui Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh akan menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh Tahun 2019 (SINAS INDERAJA 2019) dengan tema “ Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di The Margo Hotel, Margonda, Depok.

Hingga akhir acara seminar ini dihadiri 325 peserta dan undangan yang berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan organsasi penelitian serta profesi di Indonesia.

Seminar ini bertujuan sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan, informasi dan pengalaman mengenai perkembangan terkini di bidang teknologi dan data serta pemanfaatan penginderaan jauh, khususnya di sektor-sektor yang bisa memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Seminar ini akan dibuka oleh Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin dan menghadirkan pembicara utama Menteri PPN/Kepala Bappenas yang membahas tentang “Kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Seminar ini diharapkan akan memperkuat kerja sama di bidang penyediaan dan pemanfaatan penginderaan jauh antara LAPAN dan para stakeholder. Rumusan hasil dari seminar ini nantinya akan disampaikan sebagai rekomendasi untuk mendukung percepatan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. (IRM)

Share :
You might also like