Akhir Tahun 2019, 90 Penerbangan Siap Beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta

Jakarta, airmagz.com – Sedikitnya 65 penerbangan akan dialihkan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta ke Bandara Inetrnasional Yogyakarta ( BIY) di Pantai Glagah, Temon, Kabupaten Kulonprogo, DIY.

Pengalihan 65 penerbangan tersebut dilakukan sering selesai seluruh pekerjaan proyek BIY pada akhir tahun 2019 ini.

Pengalihan 65 penerbangan ini akan menambah sedikitnya 22 penerbangan yang kini sudah berjalan di BIY, yang dilayani oleh 4 maskapai.

Project Manager Pembangunan YIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi, Minggu ( 4/8) mengatakan dari perhitungan yang dilakukan, diproyeksikan ada sekitar 8,5 juta penumpang yang akan menggunakan BIY di awal 2020mendatang.

Terutama setelah proyek pembangunan BIY selesai pada Oktober 2019 mendatang dan bandara baru tersebut beroperasi penuh.

“ Diproyeksikan 8,5 juta penumpang, akan menggunakan BIY. Jutaan orang itu merupakan penumpang dari 65 jadwal penerbangan yang segera dialihkan dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (ADS) ke BIY pada akhir tahun ini,” katanya.

Kondisi tersebut membutuhkan kesiapan akses konektivitas yang baik serta fasilitas pendukung. Termasuk adanya hotel sebagai akomodasi dan juga kereta api sebagai pilihan transportasi calon penumpang bandara, katanya.

Setelah BIY beroperasi penuh memang dibutuhkan banyak fasilitas pendukung, seperti perhotelan dan sarana transportasi, seperti kereta api dan taxi untuk melayani angkutan masyarakat umum.

Namun sejauh ini belum ada investor yang mengajukan izin untuk pembangunan hotel maupun angkutan umum terkait beroperasinya BIY.

Sementara, soal izin pembangunan hotel oleh PT. Angkasa Pura I, Kepala Dinas Penanamam Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo Agung Kurniawan mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan izin pembangunan hotel yang diajukan PT AP I.

Sehingga investasi sektor perhotelan oleh PT. Angkasa Pura I, sudah tidak ada masalah lagi untuk segera dimulai. “Izinnya sudah keluar, dan sudah diizinkan membangun,” kata Agung Kurniawan. (IMN/Jogjainside.com)

Share :
You might also like