Sulut Ajak Rayakan Keberagaman Lewat Festival Manado Fiesta 2019

Jakarta, airmagz.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengajak wisatawan dan siapapun yang datang ke wilayahnya untuk merayakan keberagaman melalui ajang Manado Fiesta 2019.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-396 tahun kota Manado ini sekaligus ingin menunjukkan mengenai keberagaman budaya yang ada di Kota Manado.

“Sulut kami arahkan menjadi laboratorium kerukunan. Selama tiga tahun terakhir, melalui event ini, kita jadikan contoh bagaimana kehidupan keberagaman dan kerukunan antar suku serta agama bisa dilaksanakan di Sulawesi Utara,” ujar Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey pada acara pembukaan Manado Fiesta yang berlangsung di God Bless Park, Manado pada Sabtu malam (27/7/2019).

Foto : Kemenpar

Sebagai simbol keberagaman budaya tersebut, dalam acara pembukaan ini menampilkan pementasan tarian khas Suku Batak, Betawi, Kalimantan, Papua, dan Manado.

Tarian ini dipentaskan oleh sekitar 200 pelajar SMP dari kota Manado. Setelah itu, dilanjutkan dengan atraksi penampilan fashion carnival dan juga penampilan kendaraan hias yang mewakili masing-masing rangkaian kegiatan Manado Fiesta.

Walikota Manado, Vicky Lumentut menambahkan bahwa event ini dikemas dalam bentuk parade yang menampilkan dua hal.

“Pertama, Manado ibarat sebuah rumah besar yang berisikan keberagaman suku, ras, budaya, dan agama. Kedua, kekayaan yang ada di Taman Laut Bunaken adalah suatu tempat penyelaman yang indah.”

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata M. Ricky Fauziayani mengaku bangga dengan eksistensi Manado Fiesta yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya.

“Keberhasilan suatu event merupakan wujud kerja sama berbagai pihak. Dan jangan lupa dalam melaksanakan suatu event, harus mempunyai manfaat,” jelas Ricky.

Kali ini, Manado Fiesta mengusung konsep 7F yaitu Fisco, Fair, Food, Funtastic, Flying, dan Faith dengan mengangkat keunikan dan daya tarik pariwisata Manado.

Adapun kegiatan yang akan menyemarakkan kegiatan Manado Fiesta 2019, yakni :

– Fisco (Fish & Coral)
Fish & Coral Carnival akan diselenggarakan pada 27 Juli 2019, start dari Taman Berkat (God Bless Park) dan Boulevard 2, finish di Pohon Kasih Kawasan Megamas.

– Food/Kuliner
Manado kuliner festival akan diselenggarakan pada 30 dan 31 Juli 2019 bertempat di Taman Berkat.

– Fashion
Manado Fashion Festival akan diselenggarakan pada 1 dan 2 Agustus 2019 bertempat di Manado Town Square (Mantos).

– Funtastic
Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada 27 Juli – 4 Agustus 2019 di Taman Berkat, Aula Pemkot Manado, Lapangan Sparta Tikala dan beberapa lokasi di Kota Manado. Rangkaian acara funtastic antara lain Lomba Masamper, Lomba paduan suara, Manado Youth Festival, Manado Traditional Sea Fest, Lomba Taman, Lomba Kebersihan, dan Konser Musik yang menampilkan artis ibukota.

– Flying
Paragliding International Accuracy Open yang akan menghadirkan atlit-atlit paralayang regional, nasional hingga internasional, akan diselenggarakan di Gunung Tumpa pada 1 hingga 3 Agustus 2019.

– Fair
Manado Fiesta Fair 2019 , akan diselenggarakan pada 31 Juli hingga 3 Agustus 2019 di Manado Town Square 3. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan seperti Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi serta Produk Unggulan Daerah, Pameran Taman Hias, Pameran Lukisan, Lomba Lukis Anak, Talkshow, Workshop, Pentas Seni Budaya dan live Musik, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

– Faith
Kegiatan Manado Fiesta 2019 akan ditutup dengan pelaksanaan Thanksgiving atau Pengucapan Syukur yang akan dirayakan secara serentak di seluruh Kota Manado pada hari Minggu, 4 Agustus 2019. (IMN/Kemenpar)

Share :