Hasto Akan Perkenalkan BKKBN ke Kalangan Generasi Milenial

Jakarta, airmagz.com – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, akan melakukan rebranding institusinya agar lebih dekat dengan kalangan generasi muda. BKKBN pun berencanaka akan memanfaatkan kemajuan teknologi digital dengan meluncurkan aplikasi mobile BKKBN.

“BKKBN akan merubah mainset orang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Harus ada aplikasi BKKBN yang akan mendekatkan dengan kalangan milenial. Hari ini people always on, kalau gak on, jadi oon,” ujar Hasto kepada airmagz.com di kantornya,  beberapa waktu lalu.

Dalam rangka mensosialisasikan programnya ke kalangan muda, BKKBN juga akan memanfaatkan media sosial dan media massa. “Program BKKBN harus menjadi mainset bagi orang Indonesia,” sambung Hasto.

Selain itu, kata Hasto, BKKBN akan terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini sudah meningkat 0,82 menjadi 71,39.

Menurut Hasto, IPM terdiri dari tiga unsur, yakni kesehatan, harapan hidup, dan kualitas pendidikan. “Tugas BKKBN adalah meningkatkan harapan hidup, khususnya meningkatkan kesehatan bayi, mencegah stunting, serta menekan angka kematian bayi ketika lahir,” terangnya.

Jika dibandingkan dengan negara kawasan asing tenggara Malaysia, Thailand, bahkan Vietnam, IPM Indonesia masih tertinggal.

Program lainnya, sambung Hasto, BKKBN juga berperan meningkatkan pendapatan keluarga melalui UPPKS (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dengan membangun Kampung KB. Diharapkan program ini bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

Kampung KB merupakan bagian dari program Nawacita Presiden Joko Widodo yang dicanangkan sejak tahun 2016. Program ini adalah membangun Indonesia dari pinggirian dengan berfokus terhadap kampung yang masih tertinggal dan terisolir.

Hasto berharap jumlah Kampung KB ini akan semakin berkurang, karena menjadi kampung yang lebih mandiri dan sejahtera dan berubah menjadi Kampung KB Mandiri. (IRM)

Share :