Penerbangan Garuda Rute Batam-Beijing Ditunda, Ini Sebabnya

Jakarta, airmagz.com – Penerbangan langsung yang dibuka Garuda Indonesia dari Bandara Hang Nadim, Batam menuju Beijing, Tiongkok terpaksa ditunda hingga awal September.

Penyebabnya karena ada sejumlah izin terkait penerbangan belum terbit di Beijing.

“Sebenarnya rencana pe­nerba­ngan Garuda, jadwal­ny­a su­dah masuk. Tapi ada surat pe­nundaan, karena ada bebe­rapa izin di Beijing belum kel­ar,” kata Direktur Badan Us­aha Bandar Udara (BUBU) Ha­ng Nadim, Suwarso, Sabtu (17/8/2019).

Suwarso menjelaskan bahwa izin yang belum diperoleh itu izin untuk menerbangkan pesawat Garuda jenis Boieng 737.

“Pada awalnya Garuda punya rencana pakai Airbus 320, tapi kemudian diusulkan hanya bisa dari Batam itu Boeing 737. Ini yang belum dapat izin dari Beijing, makanya rute langsung dari Batam pun ditunda,” katanya.

Rencana penerbangan pada awalnya yakni dari Jakarta menuju Batam kemudian langsung menuju Beijing. Jalur Batam diperkirakan bisa dimulai pada 15 September mendatang.

Penerbangan Garuda nanti akan dibuka dua kali semingg­u yakni Selasa dan Kamis.

”Pe­numpang akan diangkut menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800. Kapasitas kursi eksekutif sebanyak 12 kursi dan kelas ekonomi sebanyak 162 kursi,” ujarnya.

Suwarso sangat berharap pe­nerbangan internasional ke Beijing lewat Batam bisa terwujud. Dengan begitu­, maka diharapkan dapat me­ning­katkan perekonomian dan pa­riwisata di Batam.

Saat ini pe­nerbangan internasional di Bandara Hang Nadim baru satu rute, yakni ke Malaysia. Ini sudah berperan dalam pengembangan wisata Batam. (IMN/JPNN.com)

Share :
You might also like