Kemenpar Harap Nias Bisa Jadi Destinasi Populer Kapal Pesiar dan Yachting

Jakarta, Airmagz.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyambut antusias hadirnya Sail Nias 2019, mengingat sejak tahun 80-an, Nias sudah dikenal sebagai destinasi yang sering disinggahi wisatawan Kapal Pesiar hingga Yachting.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kemenpar, Rizki Handayani, dalam paparannya pada acara diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Explore Sail Nias 2019”, yang berlangsung di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (29/8) mengatakan Nias juga penuh dengan destinasi wisata yang tidak kalah dengan tempat lain.

“Kapal Pesiar dan Yachting awalnya hanya datang dan berkunjung, namun karena Nias juga kaya potensi wisata budaya, bahari, dan alamnya pun lengkap. Maka wisatawan makin mengenal Nias, apalagi ada Sail Nias 2019 ini, kami optimis event ini bisa mendongkrak target kunjungan wisatawan secara nasional,” katanya.

Menurut Rizki Handayani yang akrab disapa Kiki ini, dengan adanya Sail Nias 2019 diharapkan dapat menarik dan meningkatkan kembali destinasi di Nias yang dapat dikunjungi kapal pesiar dan bertambahnya destinasi yachting. Walaupun, Nias ini masih belum menjadi rute populer para yachter.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa Kemenpar mendukung penuh Sail Nias 2019, untuk itu pihaknya berharap fasilitas infrastruktur jalur yacht di Nias bisa terealisasikan. Karena, tentu saja akan berdampak pada perekonimian masyarakat setempat.

“Sebenarnya kapal layarnya sudah dari bulan Mei 2019 berlayar dan begitu datang kembali di Nias kedepan harus membangun fasilitas yang memadai. Karena, kehadiran para yachter ini mereka tidak perlu fasilitas mewah karena mereka hanya menginap di dalam kapal. Sehingga, mereka hanya tinggal keluar kapal dan belanja di penduduk lokal. Nah ini yang menjadi ‘PR’ bagi dinas pariwisata untuk mengelola semua ini,” pungkasnya.

Menurut Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru yang hadir dalam diskusi ini, Sail Nias 2019 menjadi kesempatan untuk mempromosikan potensi-potensi wisata Nias yang tak kalah mempesona dan kaya seperti daerah lain di Indonesia.

“Adapun kegiatan menarik selama Sail Nias 2019 ini berlangsung yaitu Festival Lompat Batu, Sekepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Kuliner, Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing dan sailing,” kata Wabup.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 sendiri mengangkat tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia”. Acara tersebut akan dimeriahkan oleh 18 rangkaian kegiatan menarik yang digelar selama tiga bulan selama Juli hingga September 2019 di 5 Kabupaten/Kota Kepulauan. Puncak acaranya akan berlangsung pada 11-14 September 2019.

Hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini antara lain Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Taufik Madjid, Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim Kosmas Harefa, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provisi Sumatera Utara Ria Nofida Telaumbanua, dan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru.

Share :
You might also like