Puluhan Ribu Jemaah Haji Tiba di Debarkasi Solo

Jakarta, airmagz.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebut, proses pemulangan jemaah haji asal Jawa Tengah dan Yogyakarta berjalan lancar. Hingga Senin (2/9) ini, sudah 50 kloter berhasil dipulangkan melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

“Sampai pagi ini sudah 50 kloter atau 17.915 jemaah haji tiba di tanah air. Penerbangan berjalan lancar. Harapannya sampai kloter terakhir 97 lancar semua,” ujar Kasubag Penerangan Humas dan Protokol PPIH Embarkasi Solo, Agus Widagdo.

Dengan demikian, masih ada 47 kloter yang akan dipulangkan. Total petugas dan jemaah haji yang menderita sakit sebanyak 5 orang. Mereka mendapatkan perawatan di RSUD dr Moewardi Solo. Sedangkan jemaah haji tertinggal di Arab Saudi karena sakit sebanyak 9 orang. Sementara untuk jemaah haji yang meninggal dunia sebanyak 57 orang.

“Total jemaah haji wafat 57 orang. Wafat di tanah air sebanyak 1 orang, di pesawat 1 orang dan di tanah suci sebanyak 55 orang,” katanya.

Untuk kedatangan selanjutnya, dikatakan Agus, adalah jemaah haji kloter 51 asal Kabupaten Pemalang dan Brebes serta kloter 52 asal Brebes. Mereka dijadwalkan akan tiba di Solo sore ini.

“Besok pagi tanggal 3 September ada 3 kloter yang tiba. Yakni kloter 53 dan 54 dari Brebes, kloter 55 gabungan Brebes dan Blora. Kloter 56 gabungan Blora dan Rembang,” pungkas Agus. (IMN/Merdeka.com)

Share :