Karya BJ Habibie Bagi Dunia Penerbangan

Jakarta, airmagz.com – Selain pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ. Habibie dikenal sebagai salah seorang tokoh panutan yang menjadi kebanggan banyak orang di tanah air. Selain dikenal orang yang sangat cerdas Habibie juga tercatat sebagai sosok ahli pesawat terbang.

Lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936 silam, ia dikenal sebagai salah satu putra bangsa yang sangat dikenal di mata dunia karena kejeniusannya memecahkan berbagai macam permasalahan pada teknologi pesawat.

Tak hanya itu saja, sosok berusia 83 tahun ini juga banyak mengembangkan teknologi di bidang pesawat terbang. Pria penerima gelar Doktor Ingenieur ini pernah bekerja di salah satu perusahaan penerbangan yang ada di Hamburg, Jerman.

Keterlibatannya dalam dunia teknologi menjadikan alumnus Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman ini dikenal sebagai Bapak Teknologi. Beberapa karya yang pernah lahir dari tangannya antara lain merancang pesawat bernama N250.

Foto : Wikipedia

Saat diluncurkan pada 1995, pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop ini menjadi primadona IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia, DI) dalam upaya merebut pasar di kelas 50-70 penumpang.

Dari rencana semula dibuat empat pesawat prototipe N-250, hanya dua yang telah diwujudkan: Gatot Kaca, yang terbang perdana dengan 50 penumpang pada 10 Agustus 1995, dan Krincing Wesi dengan 68 penumpang pada 19 Desember 1996.

Habibie dikenal mahir dalam membuat pesawat. Banyak pesawat yang diciptakan oleh Habibie. Di antaranya ialah pesawat R80. Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang.

Pemerintah Tekan Impor Barang Pesawat untuk R80 dan N-245

Tak seperti pesawat pada umumnya, Pesawat R80 dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Fly by wire adalah sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

Pesawat R80 dirancang oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). PT Regio Aviasi Industri (RAI) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang. Perusahaan ini didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

Habibie juga pernah disebut merancang pesawat Lockheed Martin C-130 Hercules. Model ini merupakan pesawat bermesin empat turboprop sayap tinggi yang punya fungsi membantu tugas militer. Pesawat ini sanggup mengangkut berbagai macam kargo dan mampu mendarat di landasan terbatas.

Karya Habibie lain adalah VTOL ( Vertical Take Off & Landing ) Pesawat Angkut DO-31, Hansa Jet 320, Airbus A-300 yang mampu menampung 300 penumpang, CN-235, Helikopter BO-105, Multi Role Combat Aircraft (MRCA). (SS)

Share :
You might also like