Angkasa Pura Airports Luncurkan Komunitas Milenial di Magelang

Jakarta, airmagz.com – Moovin, komunitas milenial Angkasa Pura Airports menggelar kegiatan donasi buku untuk perpustakaan di sekitar Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat (13/9). Selain itu, Moovin bersama Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi juga menyerahkan bantuan bagi pembangunan fasilitas masjid di sekitar Desa Bigaran.

Kegiatan sosial ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peluncuran komunitas milenial Angkasa Pura Airports yang diberi nama “Moovin” tersebut. Selain kegiatan sosial, dilakukan pula pertemuan dengan perwakilan milenial Angkasa Pura Airports dari seluruh kantor cabang Angkasa Pura Airports.

“Saat ini generasi milenial sudah mendominasi angkatan kerja di berbagai industri, termasuk di Angkasa Pura Airports. Sekitar 70 persen pegawai di Angkasa Pura Airports merupakan generasi milenial. Dengan segala keunikan dan karakter khas milenial, generasi ini perlu diberi wadah dan fasilitas untuk dapat menjadi motor penggerak perusahaan bagi pertumbuhan kinerja perusahaan sekaligus kepedulian sosial,” kata Faik Fahmi.

Oleh karena itu, lanjut Faik Fahmi, di era volatility-uncertainty-complexity-ambiguity (VUCA) ini, manajemen menginisiasi Moovin sebagai komunitas milenial Angkasa Pura Airports untuk mewadahi kreativitas dan inovasi pegawai milenial agar dapat mengantisipasi kondisi VUCA tersebut. “Diharapkan para generasi milenial perusahaan ini dapat menjadi pemimpin perusahaan yang adaptif dan gesit dalam menghadapi dinamisnya lingkungan bisnis serta dapat berkontribusi positif melalui semangat inovasi dan kolaborasi baik di internal maupun eksternal perusahaan,” imbuh Faik.

“Generasi milenial memang memiliki karakter yang berbeda dengan generasi sebelumya. Perbedaan generasi ini perlu dijembatani dengan adaptasi dan keinginan untuk saling mengerti antargenerasi. Mewakili generasi milenial perusahaan, saya mengapresiasi inisiasi ini dan antusias dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan untuk dapat berkontribusi lebih, tidak hanya bagi pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan, tapi juga terciptanya praktek bisnis berkelanjutan yang memperhatikan aspek lingkungan dan kepedulian sosial,” kata Hanindito, ketua milenial Angkasa Pura Airports.

Moovin ini merupakan implementasi “Program Spirit of Millennials” yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memacu kreativitas karyawan muda agar memiliki semangat transformasi, inovasi, dan kolaborasi dalam menghadapi era perubahan.

Moovin sebenarnya sudah berdiri sejak Februari 2019, namun baru diluncurkan hari ini. Sejak Februari 2019, Moovin telah melakukan berbagai kegiatan yang terangkum dalam beberapa program seperti millennial charity, green airport for future, CEO Talks, AP I Belonging, meet and share, company visit, dan AP I Goes to Campus. Adapun beberapa kegiatan yang telah dilakukan tersebut yaitu:

  • Edukasi “Safety for Millennials” di SMAN 5 Balikpapan – Moovin Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.
  • Edukasi pelestarian lingkungan dan pembagian alat tulis di SDN 2 Syamsudin Noor dan SDN 1 Landasan Ulin Timur – Moovin Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.
  • Partisipasi program cash for work (program padat karya tunai) di Kelurahan Turikale, Maros dan rangkaian puncak “Switch Off” Earth Hour – Moovin Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
  • Penanaman pohon mahoni di lingkungan sekitar bandara – Moovin Bandara Internasional Lombok Praya.
  • Pembersihan lingkungan pantai di sekitar bandara – Moovin Bandara Pattimura Ambon.
  • Penanaman mangrove di Gunung Anyar Surabaya – Moovin Bandara Internasional Juanda Surabaya.
  • Pembersihan pantai Kuta, kampanye pengurangan penggunaan plastik, & pembagian sedotan berbahan bambu – Moovin Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.
  • Rangkaian program Earth Hour 2019 – Moovin 13 bandara Angkasa Pura Airports.

(IMN/Ap1.co.id)

Share :
You might also like