Ridwan Kamil Usulkan Ke DPRD Ganti Nama Bandara Kertajati

Jakarta, airmagz.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati diusulkan warganet untuk mengganti nama bandara menjadi Bandara Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Hal ini ramai diperbincangkan warganet dan viral lantaran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga melalukan cuitan pada akun instagram-nya.

“Apakah netizen setuju khususnya yang warga Jawa Barat setuju jika Bandara Internasional Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional BJ Habibie?” berikut tulis Emil sapaan akrabnya dalam postingannya, Kamis (19/9).

Emil mengatakan, Nama BJ Habibie layak untuk diabadikan termasuk menjadi nama bandara. Lebih lanjut masa mudah BJ Habibie tak bisa dilepaskan dengan Kota Bandung, Jawa Barat. Apalagi sosok BJ Habibie memiliki peranan penting dalam perkembangan industry dirgantara internasional maupun nasional.

Ia pun nanti akan membicarakan hal ini lebih lanjut dengan DPRD. “Untuk menamakan sesuatu yang penting butuh kesepahaman dengan segala pihak, dan kita akan membahas wacana ini bersama DPRD,” ucap Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung Jawa Barat, Kamis (19/9).

Prosedur Ganti Nama

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sesuai dengan prosedur dalam pergantian nama, pemerintah daerah mengusulkan nama terlebih dahulu dan kemudian disetujui oleh DPRD. Namun hingga kini, belum ada usulan dari Pemda terkait dari wacana penggantian nama bandara tersebut.

Mengutip dari laman finance.detik.com hingga ini Kemenhub belum menrima proposal perubahan nama bandara tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti.

Menurutnya perubahan nama bandara ini mungkin dilakukan, akan tetapi proposal yang diajukan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memehuni syarat juga. “Sepanjang semua syarat terpenuhi ya bisa saja diganti nantinya,” tegasnya, Jumat (20/9). (HS)

Share :
You might also like