Pengembangan Pariwisata Daerah Turut Libatkan Perusahaan China

Airmagz.com, Jakarta – Pengembangan pariwisata disejumlah destinasi Indonesia melibatkan perusahaan luar negeri, salah satunya perusahaan asal China, Wanda Group. Wanda Group, lewat anak usahanya Hubei Wanda New Airlines Travel Services, akan masuk ke sejumlah destinasi seperti Morotai, Manado, dan Bintan, baik dalam bentuk investasi infrastruktur maupun untuk mendatangkan wisatawan.

Menteri Pariwisata Arif Yahya menuturkan Hubei Wanda diundang untuk berinvestasi di industri pariwisata di Indonesia berkolaborasi dengan perusahaan lokal. “Di Morotai, perusahaan ini akan bermitra dengan PT Jababeka Morotai selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus tersebut untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata,” paparnya.

“Mereka akan start dengan sekitar 10% atau sekitar 100 hektar dari 1.000 hektar area total. Saya harapkan mulai 2017 sudah bisa ground breaking,” tambahnya.

Adapun, untuk daerah Bintan, Kepri, Wanda Group akan mendatangkan wisman. Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Vinsensius Jemadu mengatakan perusahaan tersebut juga bermitra dengan Citilink Indonesia dalam program hard selling.

Program penjualan paket wisata lewat penerbangan charter itu merupakan salah satu strategi yang digenjot Kemenpar untuk mengejar target 12 juta wisman tahun ini. Adapun, penerbangan charter perdana yang membawa 152 wisman dari Wuhan ke Bintan telah mulai direalisasikan sejak akhir pekan lalu.

“Penerbangan perdana Citilink ke Tanjungpinang, Kepri, ini merupakan realisasi dari penandatanganan MoU antara Citilink dan Wanda Group dan Kemenpar pada Mei 2016 di Beijing,” katanya kepada Bisnis, Minggu (18/12).

Share :
You might also like